Sabtu 10 Feb 2018 18:41 WIB

Tim Putri Indonesia Terhenti di Semifinal Kualifikasi Uber

Kendati terhenti, Indonesia tetap lolos ke babak utama Piala Uber.

Gregoria Mariska Tunjung
Foto: Humas PBSI
Gregoria Mariska Tunjung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Tim putri Indonesia akhirnya harus terhenti di semifinal kejuaraan bulu tangkis beregu Asia 2018. Pada turnamen yang menjadi kualifikasi Piala Uber 2018, Indonesia dikalahkan Jepang 0-3.

Berdasarkan laman resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang dipantau di Jakarta, Sabtu (10/2), di atas kertas kekuatan tim Jepang memang lebih merata, baik di nomor tunggal maupun ganda. Sebagian besar pebulu tangkis Jepang adalah penghuni peringkat Top 10.

Indonesia kehilangan poin pertama usai Fitriani harus mengakui kekalahan dari pemain ranking dua dunia, Akane Yamaguchi. Fitriani yang menunjukkan semangat tinggi bertanding rubber gim dengan skor 21-17, 13-21, 17-21. 

Poin kedua lepas usai Greysia Polii/Apriyani Rahayu menghadapi Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi. Greysia/Apriyani masih harus menuntaskan rasa penasaran mereka karena kembali tumbang untuk keempat kalinya dari ganda Jepang tersebut dengan skor 22-20, 19-21, 18-21.

Di partai penentuan, Gregoria Mariska Tunjung sempat memberikan harapan saat mencuri gim kedua dari Nozomi Okuhara. Namun, dia mampu mengambil alih permainan dan menang dengan kedudukan 21-5, 19-21, 21-15.

"Di gim pertama saya masih belum percaya diri dengan pola saya, karena ini pertama kalinya saya bertemu Okuhara, jadi saya mencari pola main yang tepat. Sudah unggul 9-6 malah kebalik 10-11, finishing nya mau cepat mematikan, bukan konsisten dulu," ujar Gregoria dalam keterangan resmi PP PBSI.

"Fitri dan kak Greys/Apri sudah berjuang maksimal, semua main sampai tiga gim. Sebetulnya sayang juga saya tadi harusnya bisa sumbang poin supaya partai selanjutnya dimainkan dan ini kesempatan karena Okuhara baru pulih dari cedera," tuturnya.

Tiket final Kejuaraan Asia 2018 akhirnya diambil tim putri Jepang yang akan berhadapan dengan Cina. Cina sebelumnya mengalahkan Korea Selatan dengan skor 3-1.

Kendati terhenti di semifinal, Indonesia memastikan langkah ke babak utama Piala Uber di Thailand. Sebab untuk Piala Uber 2018 ini, Asia yang seharusnya memiliki jatah empat slot, akan mengirimkan enam perwakilannya.

Mereka adalah Thailand (tuan rumah), China (juara bertahan), Korea Selatan (tiga terbaik Asia), Jepang (tiga terbaik Asia), Taiwan (tiga terbaik Asia) dan Indonesia sebagai tim terbaik keempat Asia. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement