Kamis 15 Feb 2018 18:13 WIB

Kluivert Minta Anaknya tak ke Liga Primer Inggris

Justin yang baru berusia 18 tahun sedang jadi incaran banyak klub besar.

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah
Justin Kluivert (kiri).
Foto: EPA/Kay Int Veen
Justin Kluivert (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM--Legenda sepak bola Belanda Patrick Kluivert berharap anaknya, Justin Kluivert tak buru-buru menentukan masa depan. Justin yang baru berusia 18 tahun sedang jadi incaran banyak klub besar menyusul penampilan apiknya dalam dua musim terakhir.

Menurut Kluivert, anaknya masih harus menimba ilmu di Ajax Amstersam, klub yang merekrutnya sejak bocah dulu. Kluivert yakin, Justin perlu mematangkan dulu segalanya sebelum berpetualang di luar Belanda.

"Justin masih muda, dia masih harus terus seperti ini jika ingin berkebambang. Namun, saya pikir dia masih tetap berada di Ajax," kata Kluivert dikutip dari AS, Kamis (15/2).

Mantan pemain timnas Belanda ini menambahkan, andai harus pergi dari Ajax, maka anaknya disarankan tidak memilih Liga Primer Inggris. Kluivert mengaku lebih senang melihat Justin bermain di La Liga Spanyol.

"Mungkin di Barcelona, jika itu sulit bisa klub besar lainnya, asal sebaiknya tidak di Liga Primer Inggris," kata Kluivert.

Sosok yang pernah berkostum AC Milan dan Barcelona ini mengatakan, setiap saat bertemu ia selalu menyempatkan diri untuk berpesan kepada putranya. Menurut Kluivert, Justin perlu dijaga agar tidak salah mengambil keputusan.

Kluivert mengatakan, berkarier di luar negeri sangatlah berbeda. Meskipun masih sama-sama Eropa, tapi bermain di negeri orang membutuhkan banyak persiapan.

"Jelas dia harus mengasah fisik dan mentalnya lebih kuat lagi. Di mana pun bermain, dua hal itu sangat penting," kata Kluivert.

Justin mulai dilirik pemberitaan ketika dirangkul oleh pelatih Manchester United (MU) Jose Mourinho usai final Liga Europa 2017. Kala itu Justin diajak oleh Mourinho agar bergabung ke MU andaikan sudah siap. Sebagai seorang winger, pemain kidal ini berpengalaman merumput dalam 41 laga dan mencetak delapan gol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement