Kamis 15 Feb 2018 19:31 WIB

Kala Pochettino Khawatir dengan Kondisi Lapangan Calon Lawan

Pochettino telah meminta FA agar pertandingan bisa dipindahkan ke tempat lain.

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Endro Yuwanto
Mauricio Pochettino
Foto: EPA-EFE/FACUNDO ARRIZABALAGA
Mauricio Pochettino

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino begitu khawatir dengan jadwal pertandingan timnya melawan klub Divisi III Liga Inggris, Rochdale pada Ahad (18/2) dini hari WIB. Pochettino mengatakan, kondisi lapangan untuk laga babak kelima Piala FA nanti sangat mencemaskan bagi keselamatan pasukannya.

Menurut Pochettino, tanah dan rumput di Stadion Crown Oil Arena, Manchester, sangat jauh dari kata layak. Meski belum melihat langsung, Pochettino mengaku telah melakukan penilaian lewat ragam laporan visual dari tim yang bertugas mempersiapkan laga tandang Spurs.

Pochettino bahkan telah meminta otoritas sepak bola Inggris (FA) untuk mengeluarkan kebijakan agar pertandingan bisa dihelat tempat lain. Mantan pelatih Southampton ini mengatakan, FA ikut bertanggung jawab dalam menyediakan medan laga yang layak untuk dijadikan tempat bertanding.

Pochettino yakin, klub profesional yang sangat memerhatikan keselamatan fisik pemain harus difasilitasi oleh FA. Menurut Pochettino, lapangan di Crown Oil Arena sangat tidak mendukung hal tersebut karena pemain bisa mengalami cedera parah.

"Ini adalah kompetisi besar, FA seharusnya memberikan bantuan kepada tuan rumah untuk menyediakan lapangan yang layak. Bagi saya, kondisi lapangan milik Rochdale bukan untuk bermain sepak bola," kata Pochettino dikutip dari London Evening Standard, Rabu (14/2).

Pelatih 45 tahun ini mengatakan, andai FA tak bisa membantu dalam menyediakan lapangan yang baik, manajemen Spurs akan turun tangan. Pochettino mengaku akan mendesak para petinggi direksi Spurs untuk mengulurkan tangan kepada Rochdale guna memperbaiki lapangan.

Pochettino berkomitmen untuk mengerahkan segala usaha demi membuat lapangan tempat dilangsungkkanya pertandingan nanti berkualitas. "Saya akan mencari solusi bersama para petinggi mengenai hal ini karena keselamatan para pemain sangat penting," kata dia.

Meski tampak ngotot untuk meminta lapangan yang lebih baik. Pochettino menegaskan, rasa hormat kepada pelatih dan para pemain the Dale sangatlah tinggi. "Bukan berarti kami berpikir aneh tentang apakah Rochdale terbiasa bermain di lapangan seperti itu, tapi kami harus memerhatikan keselamatan pemain," kata dia menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement