Ahad 18 Feb 2018 07:34 WIB

Hadapi Rochdale Jadi Usaha Spurs Kumpulkan Kepercayaan Diri

Tottenham Hotspur harus sepenuh hati melakoni laga melawan Rochdale.

Rep: Gilang Akbar Prambadi / Red: Ratna Puspita
Para pemain Tottenham Hotspur.
Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Para pemain Tottenham Hotspur.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino meminta pasukannya untuk sepenuh hati melakoni laga melawan tim kasta ketiga Liga Inggris, Rochdale, Ahad (18/2) dini hari WIB. Pochettino mengatakan, laga babak kelima Piala FA tersebut wajib dimenangkan karena musim ini Spurs punya target untuk meraih trofi.

Pelatih asal Argentina ini ingin agar Spurs mulai rajin meraih titel. Pochettino yakin koleksi trofi adalah cerminan klub yang sukses. 

Spurs sudah sedekade tak pernah meraih trofi apapun. Gelar terakhir yang Spurs raih adalah titel juara Piala Liga Inggris 2008. Ia pun berharap trofi Piala FA diamankan untuk dipamerkan di stadion baru Spurs musim depan. 

"Penting bagi kami untuk mengumpulkan kepercayaan diri dalam meraih trofi dengan menjuarai kompetisi seperti Piala FA. Setelah itu kami layak untuk bicara Liga Primer Inggris dan Liga Champions," kata Pochettino dikutip darI ESPN, Sabtu (17/2).

Mantan pelatih Southampton ini menegaskan, seluruh pemainnya wajib mengerahkan kemampuan terbaik ketika menghadapi Rochdale di Crown Oil Arena nanti. Pochettino mengatakan, jika bisa mencapai babak perempat final maka Spurs harus bisa terus melaju hingga meraih tiket final untuk kemudian keluar sebagai juara.

Pochettino tak mau tenaga yang sudah terkuras untuk berjalan hingga babak perempat final harus sirna sia-sia. Maka dari itu, pelatih berusia 45 tahun ini tak mau timnya setengah hati menjalani Piala FA.

"Kami harus benar-benar memikirkan hal ini. Tugas kami memang banyak, mengejar empat besar dan mencoba peruntungan di Liga Champions. Namun, kami juga punya target tersendiri di Piala FA," kata Pochettino.

Pada laga nanti, Pochettino memastikan akan memberikan waktu istirahat untuk bomber andalan, Harry Kane. Menurut Pochettino, top skorer sementara Liga Primer Inggris musim ini dengan 23 gol sedang tak prima.

Kondisi Kane kurang fit usai memperkuat Spurs ketika bertandang melawan Juventus pada laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions beberapa hari lalu. Dalam pertandingan yang digelar di Allianz Stadium tersebut, Kane bermain penuh dan mencetak satu gol untuk skor akhir 2-2.

"Kane akan saya istitahatkan. Saya pikir di butuh pemulihan sebelum kami beraksi di Liga Primer Inggris," kata Pochettino.

Di kubu tuan rumah, kedatangan Spurs dianggap seperti seorang tamu yang sudah lama dinantikan. Chairman Rochdale, Chris Dunphy, mengatakan, laga melawan Spurs adalah kesempatan besar bagi klubnya untuk dikenal dunia.

"Selama ini kota Manchester dikenal sebagai rumah dua klub tenar, Manchester United dan Manchester City. Sekarang jadi kesempatan agar dunia tahu, di kota ini juga ada kami," kata Dunpy.

Meski sadar bukam favorit, Dunpy memastikan timnya tak akan sungkan menghadapi Spurs. Dunpy mengatakan, pada babak sebelumnya Spurs juga menghadapi tim dari kasta lebih rendah, Newport County.

Kala itu, Spurs kesulitan mengalahkan klub yang bermain di kasta lebih rendah dibanding Rochdale, League Two alias kasta keempat. Bermain di markas Newport, Spurs ditahan imbang 1-1 sehingga harus melaksanakan laga ulangan.

"Jika bermain di sini, artinya kami punya kesempatan. Saya percaya Spurs akan menggunakan para pemain lapis kedua, ini bisa jadi kesempatan emas bagi kami," kata Dunpy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement