Ahad 18 Feb 2018 20:57 WIB

Menang Tipis atas Torino, Juventus ke Puncak Serie A

Gol semata wayang Bianconeri tercipta melalui Alex Sandro pada menit ke-33.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Gelandang serang Juventus Alex Sandro (tengah) saat menjebol gawang Torino.
Foto: EPA-EFE/ALESSANDRO DI MARCO
Gelandang serang Juventus Alex Sandro (tengah) saat menjebol gawang Torino.

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Juventus untuk sementara kembali merasakan puncak klasemen Serie A Italia setelah meraih kemenangan 1-0 atas Torino pada laga pekan ke-25 yang digelar di Stadion Olimpico, Ahad (18/2). Gol semata wayang Bianconeri tercipta melalui Alex Sandro pada menit ke-33.

Atas kemenangan pada derby Turin ini, tim asuhan Massimiliano Allegri untuk sementara bertengger di posisi teratas dengan perolehan 65 angka, unggul dua dari Napoli yang baru akan memainkan pertandingan melawan SPAL, Ahad (18/2) pukul. 21.00 WIB. Torino masih tertahan di posisi kesembilan dengan perolehan 36 poin.

Jalannya pertandingan

Juventus mengambil inisiatif serangan cepat melalui Miralem Pjanic yang memberikan umpan ke sisi tengah penalti Torino. Gonzalo Higuain coba meneruskan bola namun ia kalah cepat dari kiper Salvatore Sirigu yang lebih dulu menghalau bola.

Akibat benturan dengan Sirigu pada menit keempat, Higuain terkapar dan mengalami rasa sakit di sekitar kakinya. Namun, Higuain tetap bertahan di atas lapangan, pergantian pun tak jadi dilakukan pada awal pertandingan.

Giliran Torino mengambil inisiatif serangan, il Toro mengancam melalui skema serangan balik yang ciamik. Berawal dari Obi dan Andrea Belotti tinggal berhadapan dengan Rugani di lini pertahanan Juve. Sayang, il Galo gagal mengontrol bola dengan sempurna. Para pemain Juve dengan cepat kembali ke pertahanan mereka untuk meredam serangan lawan.

Memasuki 15 menit awal pertandingan, Higuain meradang kesakitan di tengah lapangan. Ia tak dapat melanjutkan duel sengit derby della Mole dan terpaksa diganti lebih awal. Alhasil, Bianconeri kini bermain tanpa striker murni setelah Allegri memasukkan Bernadeschi yang sejatinya seorang penyerang sayap.

Publik Granata bergemuruh ketika Belotti hampir merobek gawang Nyonya Tua yang dikawal Wojciech Szczesny pada menit ke-28. Meneruskan umpan Iaque Falque di sisi kanan area penalti Juve, sayang tembakan first time Belotti menyamping ke sisi kiri.

Juventus mendapat tendangan bebas dari sisi lapangan, setelah Sandro dijatuhkan Falque. Pjanic mengambil eksekusi tersebut. Bola masih bisa ditepis Sirigu.

Gol! Bek Juve Alex Sandro sukses mencatatkan namanya di papan skor setelah merobek gawang Torino pada menit ke-33. Bek asal Brasil sukses meneruskan umpan tarik Bernadeschi di mulut gawang Torino. Tim tamu unggul 1-0.

Pasukan Walter Mazzarri tak mau menanggung malu di rumah sendiri. Mereka ingin segera menyamakan skor. Ansaldi menyuplai umpan silang dari sayap kiri, namun bola meluncur terlalu deras sehingga sulit dijangkau oleh Belotti.

Pergerakan dua penyerang 'hantu' Juventus, Douglas Costa dan Bernadeschi begitu dinamis. Kedua pemain tersebut membuat pertahanan Torino kalang kabut. Namun hingga 45 menit pertama berakhir, skor masih 1-0 untuk Juventus.

Babak kedua berjalan tak berbanding jauh dari interval pertama. Juventus tetap menguasai pertandingan dan mengambil inisiatif serangan lebih dulu.

Memasuki menit ke-53 Paulo Dybala terlihat melakukan pemanasan di pinggir lapangan. Fan Juventus yang hadir di Olimpico Stadio pun memberikan tepuk tangan meriah untuk La Joya.

Mazzarri melakukan rotasi lebih dulu pada babak kedua. M'Baye Niang masuk untuk menambah daya gedor il Toro. Eks penyerang AC Milan menggantikan Daniele Baselli untuk menemani Belotti di lini depan.

Niang melakukan percobaan pertamanya ketika melakukan perebutan bola dari kaki Chiellini, namun tekel striker Torino itu mengenai betis bek asal Italia. Pelanggaran, Juventus dihadiahi tendangan bebas.

Memasuki menit ke-58 Sandro merancang serangan Bianconeri, namun ketika sudah memasuki sisi kiri pertahanan Torino sang winger gagal menguasai bola dengan baik. Bek Granata berhasil merebut bola dari kaki Sandro.

Allegri meminta pasukannya untuk melakukan pressing ketika kehilangan bola. Ia tentu tak ingin Juve menderita menghadapi serangan balik Torino.

Penyerang andalan Juve Paulo Dybala akhirnya turun menggantikan Douglas Costa pada menit ke-67. Baru semenit merumput Dybala langsung mengancam gawang Torino. Ia meneruskan umpan terobosan Bernadeschi di sisi kanan kotak penalti, tetapi tembakannya masih melebar.

La Joya kembali mengancam gawang Sirigu. Kali ini pada menit ke-70 eks pemain Palermo melepaskan tendangan dari depan kotak penalti, namun sayang bola bergulir terlalu pelan.

Suporter Juve bergemuruh setelah Sandro hampir melakukan gol keduanya. Dia meneruskan tendangan bebas Pjanic pada menit ke-73 dengan menggunakan dadanya. Sayang, bola masih melenceng tipis di sisi kiri gawang Sirigu.

Pertandingan hanya memasuki sisa 10 menit sebelum memasuki perpanjangan waktu. Sejauh ini Juve masih harus waspada dengan serangan balik Torino. Sebab, skor 1-0 masih rawan untuk meraih tiga poin bagi Si Nyonya Tua.

Kini Giorgio Chiellini dan kawan-kawan menurunkan instensitas serangan mereka dan lebih melakukan operan-operan pendek di lini tengah. Ofisial pertandingan pun memberikan empat menit perpanjangan waktu bagi kedua tim.

Sayang tuan rumah tak mampu memanfaatkan sisa waktu untuk menyamakan skor dan Juve terlihat bermain lebih aman setelah unggul satu gol. Peluit panjang pun berbunyi skor akhir 1-0 tetap bertahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement