Senin 19 Feb 2018 16:54 WIB

Jalan Panjang PB Djarum Membentuk Atlet Kelas Dunia

Outbond PB Djarum 2018 ini bertujuan untuk menggembleng fisik dan mental atlet muda.

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah
Tiga atlet muda PB Djarum menjalani salah satu rintangan dalam program tempa mental dan fisik di Cikole, Bandung Barat, Senin (19/2) siang WIB.
Foto: Republika/Gilang Akbar Prambadi
Tiga atlet muda PB Djarum menjalani salah satu rintangan dalam program tempa mental dan fisik di Cikole, Bandung Barat, Senin (19/2) siang WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, CIKOLE -- PB Djarum menggelar pelatihan fisik dan mental atlet-atlet mudanya di alam terbuka wilayah Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, sejak Ahad (18/2) hingga Selasa (20/2). Program Director PB Djarum Yoppy Rosimin mengatakan, kegiatan bertajuk Outbond PB Djarum 2018 ini bertujuan untuk menggembleng fisik dan mental para atlet muda.

Atlet-atlet yang dibawa ke Zone 235 Outdoor Training Center Lembang ini ditempa fisik dan mentalnya sebagai bagian dari misi PB Djarum mencetak atlet bulu tangkis berkualitas. Yoppy mengatakan, karakter atlet berprestasi akan lahir dari tempaan fisik dan mental di alam terbuka yang jauh dari segala lengkapnya aktivitas asrama PB Djarum di Kudus.

"Sebagai atlet muda, perjalanan mereka untuk meniti tangga juara masih sangat panjang. Kadangkala ada yang semangatnya kendur di tengah jalan. Karena itu sangat penting membentuk karakter dan mental mereka sebagai pejuang yang tidak mudah patah semangat," kata Yoppy di lokasi, Senin (19/2) siang.

Yoppy menambahkan, selain membentuk katakter dan mental, kegiatan yang melibatkan para pelatih PB Djarum ini bertujuan menyuntikkan semangat dan kekompakan di antara para atlet. Menurut Yoppy, dengan menjalani aktivitas di alam terbuka, diharapkan para atlet yang masih berusia remaja ini bisa melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari sebagai pebulu tangkis padat jadwal.

Yoppy mengatakan, PB Djarum yang selama ini dikenal mampu melahirkan banyak atlet bulu tangkis kelas dunia sangat percaya kegiatan di alam terbuka akan menghasilkan manfaat positif. Menurut Yoppy, tujuan dari kegiatan yang melibatkan ragam aktivitas di alam terbuka seperti caraka malam, hiking, hingga paintball ini bisa tercapai.

"Membina atlet muda ini adalah proses yang panjang dan berkesinambungan. PB Djarum sangat memperhatikan semua aspek kepelatihan pada anak-anak usia dini. Jadi kami tak hanya melatih fisik dan teknik, tapi juga mentalitas dan psikologis anak yang terus berkembang dan seturut usianya," kata Yoppy.

PB Djarum dikenal sebagai pencetak atlet-atlet badminton unggul yang kerap mengharumkan nama Indonesia di dunia. Sedikit contohnya, ganda campuran peraih medali emas Olimpiade 2016 Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, serta atlet bulu tangkis pria terbaik dunia 2017, Kevin Sanjaya Sukamuljo juga merupakan atlet hasil binaan PB Djarum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement