Selasa 20 Feb 2018 14:18 WIB

Menit Terakhir Kalahkan City, Pelatih Wigan Kerap Tutup Mata

Pelatih Wigan Athletic Paul Cook menikmati malam ‘luar biasa’ saat mengalahkan City.

Will Grigg (kanan).
Foto: wiganathletic.com
Will Grigg (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER — Pelatih Wigan Athletic Paul Cook menikmati malam yang ‘luar biasa’ bagi timnya ketika mereka membuat kejutan dengan menyingkirkan Manchester City. Wigan mengalahkan City 1-0 untuk lolos ke perempat final Piala FA 2017/2018 di Stadion DW, Manchester, Selasa (20/2) dini hari WIB.  

Will Grigg mencetak gol kemenangan pada menit ke-79 di Stadion DW setelah City harus kehilangan Fabian Delph yang melanggar Max Power menjelang babak pertama usai. Wigan, yang merupakan tim Liga Satu Inggris, hanya menguasai bola 17 persen dan empat tembakan ke arah gawang, sedangkan City mencatat 29 kali tembakan ke arah gawang.  

Wigan yang berada dalam tekanan membuat Cook berdebar-debar hingga peluit panjang berbunyi. “Pada menit-menit terakhir, saya hanya memejamkan mata dan berdoa,” kata Cook dengan suara parau dilansir dari Sky Sports, Selasa.  

Dia mengatakan banyak hal yang mungkin terjadi pada pertandingan melawan tim berkualitas seperti City, yang hanya mengalami satu kekalahan di Liga Primer musim ini. “Kami harus menggali, kami melakukannya, dan anak-anak menunjukkannya dengan luar biasa. Sebagai tim, ini adalah malam yang luar biasa bagi kami. Ini adalah malam yang harus kami nikmati,” ujar dia.  

Ini adalah kali ketiga dalam enam musim terakhir, Wigan lolos ke perempat final Piala FA Kini, mereka harus berusaha menyeimbangkan euforia melakoni pertandingan kandang melawan Southampton pada babak delapan besar Piala FA bulan depan dengan upaya promosi dari Liga Satu Inggris.  

photo
Paul Cook.

Southampton lolos ke perempat final setelah mengalahkan West Bromwich Albion 2-1, Sabtu (17/2). Cook pun menceritakan timnya dan Southampton tidak bertukar pesan ketika undian babak perempat final Piala FA digelar pada akhir pekan lalu.  

“Sepertinya kami tidak akan lolos. Sekarang, kami akan menghadapi Southampton di kandang. Saya yakin Southampton sama terkejutnya dengan kami karena mungkin mereka sudah berpikir sembari kecewa karena akan melakukan laga tandang di Etihad (markas City),” ujar dia.  

Dia menambahkan lolos ke perempat final merupakan hasil yang luar biasa bagi timnya. Hasil ini berarti WIgan hanya berjarak satu pertandingan untuk melakoni laga semi final di Stadion Wembley, London.  

Hasil ini juga akan memudahkan Wigan untuk berkonsentrasi mengamankan satu tiket untuk promosi ke Liga Championship musim depan. Sekarang, Wigan berada di peringkat kedua klasemen sementara Liga Satu Inggris dengan 63 angka atau sama dengan milik Blackburn Rovers di peringkat ketiga.  

“Kami harus berkonsentrasi di liga sekarang, Piala FA merupakan pengalih yang membutuhkan energi besar, tetapi kami sudah lolos,” kata dia.  

Hasil ini merupakan ulangan final Piala FA lima tahun lalu ketika Wigan mengalahkan City 1-0 di Stadion Wembley untuk menjadi juara. Bagi City, kekalahan di kandang Wigan kali ini memupuskan kemungkinan mengakhiri musim ini dengan empat piala.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement