Kamis 22 Feb 2018 08:30 WIB

Uji Coba Lawan Timnas Indonesia, Barito Gantikan Persija

PSSI juga menjadwalkan timnas U-23 safari tandang ke Singapura dan Filipina

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia Luis Milla (kelima kiri) memimpin latihan timnas Indonesia di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Jumat (12/1).
Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Puro A
Pelatih timnas Indonesia Luis Milla (kelima kiri) memimpin latihan timnas Indonesia di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Jumat (12/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PSSI memastikan laga uji coba antara timnas Indonesia dengan Persija Jakarta batal. Alasan lapangan dan keamanan menjadi sebab utama rencana uji coba kedua kesebelasan tersebut batal digelar.

Stadion Utama GBK (Gelora Bung Karno) tidak bisa digunakan. Lapangan A, B, C, karena alasan keamanan tidak bisa diizinkan," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ratu Tisha Destria kepada wartawan, Rabu (21/2).

Meski demikian PSSI berencana memadatkan laga uji coba skuat Garuda pada bulan FIFA Match Day, Maret mendatang. Semula PSSI merencanakan menggelar laga uji coba antara timnas Indonesia U-23 melawan tim juara Piala Presiden 2018, Persija Jakarta. Rencananya, laga tersebut digelar pada 24 atau 25 Februari ini. Uji coba tersebut sebetulnya bagian dari safari tanding timnas Indonesia U-23 menjelang perhelatan Asian Games 2018.

Rencana uji coba timnas Indonesia dan Persija sebetulnya pernah terealisasi pada tahun lalu. Pada Maret 2017 tim asuhan pelatih Luis Milla Aspas pernah menjajal skuat Macan Kemayoran sebelum Liga 1 2017 dimulai. Laga di Stadion Patriot Chandrabhaga Bekasi kala itu berakhir dengan skor imbang tanpa gol.

Sebagai uji coba pengganti, saat ini skuat Garuda U-23 sedang bersiap melawan Barito Putera. Sejak 18 Februari lalu, Milla kembali meminta para pemain timnas U-23 dan sejumlah pemain senior masuk ke pemusatan latihan. Menariknya, pemusatan latihan kali ini juga bersama timnas U-19 yang menjadi asuhan pelatih Bima Sakti Tukiman.

Bima Sakti selain menjadi pelatih kepala timnas U-19, juga asisten Milla di U-23 dan senior. Pemusatan latihan kedua skuat nasional itu berada di Lapangan ABC Senayan di kawasan GBK. Uji tanding dengan Barito nanti akan berlangsung pada 24 dan 25 Februari di Lapangan ABC. "Uji coba nanti polanya segitiga sekaligus untuk yang U-23," ujar Ratu.

Selesai dengan uji coba tersebut, PSSI menjadwalkan timnas U-23 bakal melakukan safari tandang ke Singapura dan Filipina pada Maret dalam FIFA Matchday. Medio April sampi Mei, PSSI masih pada rencananya menggelar test event susulan menjelang Asian Games 2018.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement