Jumat 23 Feb 2018 11:35 WIB

Gattuso Puas Lini Belakang Milan Membaik

Milan tidak kebobolan ketika menang 1-0 atas Ludogorets dini hari tadi.

Fabio Borini (kanan) menghampiri pelatih Gennaro Gattuso usai mencetak gol yang membawa AC Milan unggul 1-0 atas Ludogorets di Stadion San Siro, Jumat (23/2) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/DANIEL DAL ZENNARO
Fabio Borini (kanan) menghampiri pelatih Gennaro Gattuso usai mencetak gol yang membawa AC Milan unggul 1-0 atas Ludogorets di Stadion San Siro, Jumat (23/2) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN — Pelatih AC Milan Gennaro Gattuso mengaku puas hasil kerja kerasnya membenahi lini belakang Rossoneri membuahkan hasil. Milan tidak kebobolan ketika menang 1-0 atas Ludogorets pada leg kedua babak 32 besar Liga Europa di Stadion San Siro, Milan, Italia, Jumat (23/2). 

"Saya senang kami menjaga gawang tidak kebobolan karena itu adalah fokus saya dalam latihan belakangan ini,” kata Gattuso kepada Sky Sport Italia, dilansir dari Football Italia, Jumat.

Gattuso mengatakan fokus pada pertahanan ini memang membuat timnya lebih sedikit mencetak gol. "Ketika Anda bekerja pada pertahanan dalam latihan, pemain sedikit merajuk, seperti yang saya lakukan ketika saya masih pemain,” kata dia. 

Dia menambahkan fokusnya pada pertahanan karena ingin membuat pemain lebih bersemangat menjaga lini belakang. Dia berpendapat semakin sedikit sebuah tim kebobolan gol, pemain akan semakin bersemangat untuk bertahan. 

“Kami juga semakin membaik, kami tidak lagi memiliki pemain yang berlari ke berbagai arah yang berbeda, kami lebih banyak menutup pergerakan bola. Kami menjadi lebih baik, meski belum sampai pada yang kami inginkan,” kata dia. 

Kemenangan 3-0 pada leg pertama telah membuat Milan mengantongi modal positif untuk lolos ke babak 16 besar Liga Europa. Namun, Fabio Borini menecetak gol di San Siro untuk memastikan Milan lolos ke babak 16 besar dengan agregat 4-0. 

Gattuso sangat senang dengan hasil tersebut dan juga sikap para pemainnya. Dia mengatakan tidak ada yang mengalami kram setelah bermain 90 menit. 

“Saya sangat, sangat senang dengan pertumbuhan tim. Bahkan, mereka yang tidak punya menit bermain lebih banyak berada dalam kondisi siap ketika dipanggil,” kata dia. 

Gattuso juga memuji Andre Silva dan Patric Cutrone. “Andre Silva memang tidak mencetak gol, tetapi dia melakukan hal lainnya. Dia melakukan pekerjaan seperti yang sudah diperintahkan. Cutrone bermain dalam peran yang sebenarnya bukan miliknya, tetapi dia bisa melakukannya dan kita akan melihatnya lagi di masa depan,” kata dia.

Kemenangan ini memastikan Milan tidak terkalahkan dalam 11 pertandingan di semua kompetisi. Namun, tantangan sebenarnya Milan pada Liga Italia Serie A akan dimulai akhir pekan ini.

Milan harus menghadapi AS Roma di Stadion Olimpico pekan ini, kemudian melawan rival sekotanya, Inter Milan, pekan depan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement