Senin 26 Feb 2018 20:06 WIB

Sentuhan Gattuso di Milan Buat Legenda Italia Terkejut

Rossoneri tak tersentuh kekalahan dalam 12 pertandingan terakhir.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Gennaro Gattuso
Foto: AP Photo/Alessandra Tarantino
Gennaro Gattuso

REPUBLIKA.CO.ID, ITALIA -- Legenda timnas Italia Dino Zoff mengaku sangat terkejut dengan peran Gennaro Gattuso sebagai pelatih AC Milan. Hal tersebut ia ungkapkan setelah Rossoneri tak tersentuh kekalahan dalam 12 pertandingan terakhir.

"Gattuso sangat mencengangkan saya," kata Zoff kepada Radio Anch'io Sport, dilansir Football Italia, Senin (26/2).

Keterkejutan Zoff sangat wajar mengingat Gattuso tidak memiliki rekam jejak kepelatihan yang begitu bagus seperti Massimiliano Allegri, Claudio Ranieri, maupun Maurizio Sarri. Gattuso sebelumnya justru sering keluar masuk klub gurem akibat gagal menghadirkan kemenangan yang diinginkan.

Reputasinya sebagai pelatih Milan pun diawali dengan hasil imbang melawan tim juru kunci Benevento. Berselang empat hari ia kembali membuat kualitasnya dipertanyakan lantaran kalah 0-2 dari Rijeka di pentas Liga Europa.

Perlahan tapi pasti Gattuso mampu menghidupkan kembali DNA Milan sebagai salah satu klub terbesar Eropa dengan menggusur Inter Milan dari Coppa Italia. Partai tersebut dinilai sebagai awal kebangkitan il Diavolo Rosso yang tak terkalahkan dalam 12 pertandingan, sembilan menang dengan tiga hasil imbang.

Teranyar Rossoneri membekap AS Roma 2-0 pada giornata ke-26 Serie di Stadion Olimpico, Senin dini hari WIB. "Dia berhasil memberikan Rossoneri identitas. Saya tidak tahu apakah mereka memiliki kekuatan untuk melanjutkannya di level lebih tinggi, tapi yang pasti Milan tahu apa yang harus dilakukan sekarang," kata pria 75 tahun.

Di sisi lain, Zoff juga memuji kualitas mantan timnya SS Lazio yang tampil impresif sepanjang musim 2017/2018 dengan bersaing di tiga besar bersama Juventus dan Napoil.

"Hasilnya karena kontribusi setiap pemain. Igli Tare (direktur olahraga) merupakan sosok penting, sedangkan Simone Inzaghi mengemban tugas dengan baik sebagai pelatih," kata dia.

Zoff sendiri pernah menangani klub ibu kota dalam tiga periode yakni pada 1990-1994, 1996-1997 dan terakhir pada 2001.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement