Senin 26 Feb 2018 20:19 WIB

Jokowi: Wisma Atlet Kemayoran Butuh Pohon Besar

Wisma atlet siap menerima tamu peserta dan hanya perlu perbaikan-perbaikan kecil.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Tinjau Kesiapan Wisma Atlet. Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan,  dan Ketua INASGOC Erick Thohir (kanan) meninjau kesiapan Wisma Atlet Asian games 2018 di Kemayoran, Jakarta, Senin (26/2).
Foto: Republika/ Wihdan
Tinjau Kesiapan Wisma Atlet. Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Ketua INASGOC Erick Thohir (kanan) meninjau kesiapan Wisma Atlet Asian games 2018 di Kemayoran, Jakarta, Senin (26/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menilai wisma atlet Kemayoran yang dibangun untuk Asian Games 2018 sudah selesai 99,9 Persen. Wisma atlet, kata Jokowi, siap menerima tamu peserta dan hanya perlu perbaikan-perbaikan kecil.

"Mungkin perlu ditambah pohon-pohon besar, sehingga nanti jika tamu sudah datang dan menempati wisma atlet, penghijauannya sudah nampak," kata Jokowi usai meninjau kondisi terbaru wisma atlet Kemayoran, Senin (26/2).

Jokowi berkeliling wisma atlet didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Ketua INASGOC Erick Thohir.

Presiden memberikan pujian setelah meninjau sejumlah kamar. Ia mengatakan, meubel, ruangan, serta liftnya bagus. Ia hanya melihat kurang kursi santai yang diletakkan di luar. 

"Tapi katanya masih dipersiapkan. Secara umum kondisi wisma atlet semuanya sudah baik," ujar Jokowi.

Wisma atlet ini tidak hanya digunakan untuk peserta Asian Games 2018, melainkan juga atlet Para Games 2018. Sehingga, kamar serta beberapa fasilitas lainnya diwajibkan ramah bagi difabel atau gampang diakses dengan kursi roda.

"Tadi saya juga melihat langsung kamar sudah ada yang dipugar agar lebih ramah dengan difabel. Kamar mandinya juga lebih luas dan bisa dilalui oleh kursi roda," ujar Presiden.

Untuk tempat tidur atlet berpostur tinggi, menurut Jokowi juga sudah tidak ada masalah. Karena panjang tempat tidur sudah ditambah sekitar 45 cm. Utuk atlet basket dan voli yang umumnya berpostur di atas rata-rata, sudah ada tambahan sehigga kaki sepanjang apa pun bisa tidur dengan nyaman.

(Baca juga: Jokowi Minta Penataan Rute Asian Games Segera Diselesaikan)

Ia mengatakan, sebagai tuan rumah, orientasi utama Indonesia adalah memberikan pelayanan terbaik kepada peserta Asian Games 2018. "Semua sudah ada pembagian tugas dan porsi masing-masing. Untuk bus peserta nanti misalnya akan ditangani Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, untuk urusan makanan di wisma atlet akan diurus INASGOC. Jadi, kita akan berikan pelayanan terbaik," ujar Jokowi

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement