Selasa 27 Feb 2018 20:53 WIB

Bali United Raih Angka Pertama di Piala AFC 2018

Bali United sebenarnya bisa unggul andai saja tendangan penalti Spaso tak gagal.

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Endro Yuwanto
Penyerang Bali United Ilija Spasojevic (kiri) saat berlaga menghadapi Chiangrai United di prakualifikasi Liga Champions Asia.
Foto: the-AFC.com
Penyerang Bali United Ilija Spasojevic (kiri) saat berlaga menghadapi Chiangrai United di prakualifikasi Liga Champions Asia.

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Bali United mencuri satu angka dari markas Global Cebu pada laga kedua babak penyisihan Grup G AFC Cup 2018, Selasa (27/2) malam WIB. Bertanding di Stadion Rizal Memorial Football Stadium, Manila, Filipina, Bali United tertinggal akibat gol Curt Dizon pada menit ke-12.

Bali United kemudian mampu menyamakan kedudukan lewat Ilija Spasojevic pada menit ke-74. Ini jadi angka pertama bagi kedua tim dalam dua laga penyisihan AFC Cup. Hasil laga ini membawa Bali United menempati posisi ketiga klasemen sementara Grup G dari empat tim dengan satu angka. Global Cebu juga cuma mengoleksi satu angka, tapi harus puas duduk di posisi buncit klasemen.

Pada laga itu, Bali United memainkan sejumlah pilar utama mulai dari Demerson Costa, Stefano Lillipaly, Kevin Brands, Irfan Bachdim, sampai Ilija Spasojevic. Hasilnya, sejak awal pertandingan Bali United selalu mampu melepaskan serangan berbahaya. Meski demikian, para pemain Cebu yang sedang dililit masalah belum digaji tetap sanggup memberikan perlawanan sengit.

Pasukan Pulau Dewata harus rela kemasukkan bola melalui proses yang sama sekali tak mengancam. Berawal dari sodoran lambung menyilang dari sayap kanan yang dilepaskan tim tuan rumah, bola membentur mistar gawang. Kiper Bali United, Wawan Hendrawan salah mangantisipasi bola dan malah membiarkan gawangnya kosong. Bola kemudian memantul tepat ke depan kepala striker lawan Curt Dizon yang dengan mudah memasukkan bola dengan kepalanya.

Bali United langsung merespons. Namun, lagi-lagi usaha pemain Bali United yang sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper lawan harus berakhir nihil. Kali ini, Stefano Lilipaly luput memanfaatkan peluang terbuka yang didapatkan. Bola hasil tembakannya bisa dengan mudah ditangkap oleh penjaga gawang Cebu Patrick Deyto.

Runner-up Liga 1 2017 ini terus melepaskan serangan. Tak lama setelah peluang Lilipaly, Irfab Bachdim nyaris mencetak gol. Berawal dari sodoran terobosan dari Brands, Bachdim berhasil memanfaatkan kecepatannya untuk mendekati gawang Cebu. Sayang, tembakan kaki kiri pemain penuh tato ini masih melebar.

Sampai laga babak pertama selesai, Bali sebenarnya berhasil menguasai laga dengan catatan penguasaan bola mencapai 61 persen dengan menghasilkan delapan tembakan (dua on target). Namun, skor tak berubah tetap 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Memasuki babak kedua, Bali United meningkatkan ritme permainan dengan banyak melakukan tusukan lewat permainan individu. Hasilnya dituai pada menit ke-74 melalui proses tendangan sudut.

Sepakan penjuru yang diambil oleh Fadil Sausu menukik tajam ke depan gawang Cebu. Di titik jatuhnya bola, Spasojevic dengan kepalanya sukses mengarahkan bola ke dalam gawang lawan. Deyto yang berdiri tepat di depan Spaso tak bisa menghentikan bola.

Dua menit kemudian, Bali United berpeluang membalikkan keadaan ketika wasit Suhaizi Bin Shukri menghadiahkan penalti setelah Lilipaly dijatuhkan di dalam daerah terlarang. Sayang, Spaso yang jadi algojo tak mampu melaksanakan tugas dengan baik setelah tendangannya mampu ditepis oleh Deyto.

Tak lama setelah peluang tersebut, giliran Bali United yang nyaris ketinggalan. Striker lawan Darryl Roberts berhasil mendapatkan bola di dalam kotak penalti Bali United. Beruntung, kiper Bali United, Wawan Hendrawan mampu menyelamatkan gawangnya. Mendekati laga berakhir, Bali United banyak menerima tekanan dari tuan rumah. Beruntung, Bali United tetap bisa mengamankan skor dan membawa pulang satu angka.

Susunan pemain kedua tim:

Global Cebu (4-4-2):

Patrick Deyto; Wesley Dos Santos, Jerry Barbaso, Marco Casembre, Lee Jeong-min; Paolo Bugas, Marvin Angeles, Angelo Marasigan, Curt Dizon; Rufo, Darryl Roberts

Cadangan:

Florence Gamba, Fritz Brigoli, Dominic Del Rosario, Jordan Jarvis. Gerrard Valmayor, Darryl Regala, Daniel Gadia

Pelatih:

Marjo Allado

Bali United (4-1-3-2):

Wawan Hendrawan; Ricky Fajrin, Ahn Byung-keon, Demerson Costa, Andhika Wijayal; Fadil Sausu; Nick van der Velden, Stefano Lilipaly, Kevin Brands; Irfan Bachdim, Ilija Spasojevic

Cadangan:

Wardana, Ahmad Agung, Dias, Taufiq, Sukadana, Yabes, Martinus

Pelatih:

Widodo Cahyono Putro

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement