Rabu 28 Feb 2018 18:36 WIB

Jepang Tetapkan Maskot Olimpiade Tokyo 2020

Maskot tersebut dipilih oleh anak-anak sekolah dasar dalam sebuah pemugutan suara.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Ratna Puspita
Ryo Taniguchi memamerkan desainnya yang berhasil terpilih sebagai maskot Olimpiade dan Paralimpik Tokyo 2020.
Foto: EPA-EFE/FRANCK ROBICHON
Ryo Taniguchi memamerkan desainnya yang berhasil terpilih sebagai maskot Olimpiade dan Paralimpik Tokyo 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Jepang telah memilih dua makhluk mirip rubah futuristik dengan kekuatan 'supranatural' sebagai maskot Olimpiade dan Paralimpiade 2020. Pesta olahraga terakbar di dunia itu akan digelar di Ibu Kota Jepang, Tokyo, pada 24 Juli hingga 9 Agustus 2020. 

BBC melaporkan, dilansir Rabu (28/2), desain maskot yang belum disebutkan namanya tersebut memenangkan pemungutan suara yang dilakukan oleh anak-anak sekolah. Hasil karya Taniguchi Ryo itu mengalahkan empat pesaing lainnya yang juga makhluk khalayan. 

Panitia penyelenggara mengatakan 16.769 sekolah di seluruh negeri ambil bagian dalam pemilihan maskot tersebut. Dalam pernyataannya, panitia mengatakan, maskot tersebut akan menyambut para pengunjung ke Olimpiade 2020 dan membantu menyebarkan semangat Olimpiade dan Paralimpik. 

Mereka memiliki tugas yang sulit untuk diikuti setelah Soohorang dan Bandabi, maskot resmi Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korea Selatan. Soohorang, harimau putih yang merupakan simbol kekuatan dan perlindungan tradisional, dan Bandabi yang merupakan beruang hitam Asia, berhasil mencuri perhatian penggemar olahraga. 

photo
Siswa sekolah memegang kipas tangan bergambar maskot Olimpiade dan Paalimpik 2020. Siswa sekolah dasar dari 16 ribu sekolah di Jepang memilih desain tersebut sebagai maskot Olimpiade Tokyo. (EPA-EFE/FRANCK ROBICHON)

Menurut panitia Olimpiade 2020, maskot mereka memiliki kepribadian yang berlawanan, tetapi saling menghormati dan sangat bersahabat. "Mereka berdua memiliki semangat keramahan yang luar biasa. Mereka selalu berusaha sebaik mungkin untuk menghibur dan menyemangati semua orang." tulis pantia Olimpiade 2020.

Rubah Olimpiade biru memiliki 'pesona kuno yang mencerminkan tradisi dan juga memiliki getaran berteknologi tinggi dan mutakhir'. Maskot ini memiliki rasa keadilan yang kuat, ditunjukkan oleh penampilan mirip pakaian polisi, dan sangat atletis. Maskot ini juga memiliki kemampuan teleportasi, meskipun ini mungkin akan dianggap curang dalam permainan.

Maskot Paralimpik merah muda juga memiliki kekuatan khusus. Ia dapat 'berbicara dengan batu dan angin' dan memindahkan segala sesuatu dengan pikirannya. Maskot ini memiliki 'kekuatan batin yang bermartabat', dan meskipun biasanya tenang, maskot ini menjadi sangat kuat bila dibutuhkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement