Kamis 01 Mar 2018 08:21 WIB

Pochettino Kritik VAR, Usai Tottenham Menang di Piala FA

Ia hanya menyayangkan banyak momen terhenti dikarenakan adanya VAR.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Selebrasi gol para pemain Tottenham Hotspur saat mengalahkan Rochdale 6-1 pada laga Piala FA.
Foto: AP Photo/Matt Dunham
Selebrasi gol para pemain Tottenham Hotspur saat mengalahkan Rochdale 6-1 pada laga Piala FA.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Tottenham Hotspur melaju ke perempat final Piala FA. Pada duel ulangan kontra Rochdale, Spurs unggul 6-1. Tottenham berpesta melalui dua gol Son Heung-min, hattrick Fernando Llorente, dan satu gol Kyle Walker. Rochdale hanya mampu membalas sekali lewat Stephen Humphrys.

Meski menang, pelatih Spurs, Mauricio Pochettino kurang puas dengan suasana pertandingan di Stadion Wembley, London, Kamis (1/3) dini hari WIB itu. Ia menyoroti beberapa keputusan wasit yang diambil dari penggunaan teknologi VAR (video assistant referee). 

"Sangat rumit. Sistem baru membuat kami sulit fokus pada permainan," kata juru taktik berkebangsaan Argentina, dikutip dari Sportsmole, Kamis (1/3).

Kendati demikian ia puas dengan kinerja anak asuhnya. Ia hanya menyayangkan banyak momen terhenti dikarenakan adanya VAR.

Pochettino berpendapat Inggris memiliki wasit terbaik Eropa, bahkan dunia. Ia kurang yakin akan bantuan yang datang dari teknologi ini terhadap korps baju hitam.

"Saya tidak tahu apakah sistem ini membantu mereka atau justru membuat mereka kebingungan," ujarnya.

Ia menegaskan sepak bola permainan penuh emosi. Jika hal itu tergerus dengan banyaknya peralatan bantuan, maka drama dalam olahraga ini sedikit demi sedikit terkikis.

"Saya merasa kasihan pada wasit. Saya lebih kasihan pada penggemar, karena sangat sulit memahami situasi ini," tutur Pochettino.

Tottenham sudah ditunggu oleh Swansea City yang telah memastikan langkah ke perempat final sehari sebelumnya. Swansea menaklukkan Sheffield Wednesday 2-0.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement