Jumat 02 Mar 2018 18:19 WIB

Bungkam Persebaya 2-0, Arema Melaju ke Final PGK

Arema menunggu hasil pertandingan antara Pusamania Borneo vs Sriwijaya

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Hazliansyah
Piala Gubernur Kaltim
Piala Gubernur Kaltim

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Arema FC tampil sebagai pemenang dalam laga semifinal Piala Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) 2018. Arema mengandaskan Persebaya Surabaya 2-0 pada duel derby Jawa Timur di Stadion Utama Palaran, Samarinda, Jumat (2/3).

Kemenangan tersebut memastikan Arema menuju ke babak final. Tim Singo Edan menunggu pemenang laga Borneo FC melawan Sriwijaya FC, malam nanti.

Laga antara Persebaya dan Arema sebetulnya tampak imbang. Babak pertama, kedua kesebelasan sama-sama tak mampu membuat gol. Meski tim Bajul Ijo unggul penguasaan bola. Namun para pemain Arema tak mau kalah dan melawan.

Memasuki babak kedua, kedua kesebelasan mengawalinya dengan saling ancam ke lini pertahanan. Namun sampai menit ke-50-an, papan skor tetap 0-0.

Pelatih Arema Joko Susilo mulai merotasi pemainnya pada menit ke-59. Dia menarik Dedik Setiawan dan memainkan Rivaldi Bawuno di lini serangan.

Pelatih Persebaya Angel Alfredo Vera merespons rotasi tersebut pada menit ke-61. Dia mengganti dua pemainnya sekaligus. Sidik Saimima masuk menggantikan Abi Rizal dan memainkan Rendi Irawan pengganti Misbakus Solikin. Namun perombakan pemain tersebut tetap tak menghasilkan gol.

Baru pada menit ke-66, striker Arema Thiago Furtuoso menjadi pemecah kebuntuan. Pemain asal Brasil tersebut berhasil lolos dari kawalan Otavio Dutra saat menjemput umpan dari tengah lapangan.

Striker 30 tahun itu, cepat melepas sepakan mendatar ke arah gawang. Kiper Alfonsius Kelvan yang tak sigap kebobolan. Skor menjadi 0-1.

Pelatih Vera kembali merombak pemainnya pada menit ke-70. Dia mempertajam lini tengah dan serang dengan menarik dua pemain sekaligus. Irfan Jaya menggantikan Osvaldo Haay, dan Oktavianus Fernando menggantikan Rishadi Fauzi.

Namun pergantian pemain tersebut pun belum sanggup membalas keunggulan Arema.  Alih-alih membalas, para pemain Persebaya semakin tertekan dengan aksi serangan-serangan Arema. Puncaknya, pada menit ke-88, gawang Persebaya kembali dijebol untuk kali kedua.

Kali ini aksi Hanif Sjahbandi yang memastikan keunggulan Arema pada derby Jawa Timur ini. Skor menjadi 2-0 untuk Arema yang bertahan sampai pertandingan usai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement