Ahad 04 Mar 2018 16:21 WIB

Klopp: Awalnya Salah Didatangkan untuk Isi Posisi Sayap

Kini Salah diberi kebebasan untuk sering merapat ke gawang lawan guna mencetak gol.

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Liverpool Juergen Klopp (kiri) dan Mohamed Salah.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Pelatih Liverpool Juergen Klopp (kiri) dan Mohamed Salah.

REPUBLIKA.CO.ID, MERSEYSIDE -- Pelatih Liverpool Juergen Klopp sangat semringah dengan konsistensi striker Mohamed Salah dalam mencetak gol. Satu gol terbaru dicetak oleh Salah ketika membantu timnya mengatasi Newcastle United 2-0 di Stadion Anfield, Ahad (4/3) dini hari WIB.

Klopp menyatakan, sebenarnya tujuan awal mendatangkan Salah adalah untuk mengisi posisi sayap. Namun, melihat potensi dan kemampuan Salah yang andal dalam mencetak gol, kini pemain berkebangsaan Mesir itu diberi kebebasan untuk sering merapat ke muka gawang lawan agar bisa memasukkan bola.

"Kami tahu ia merupakan pemain yang bisa menyerang dari sisi sayap, tapi ternyata ia punya hasrat besar untuk mencetak gol. Itu membuat Salah bisa menekan ke dalam tanpa terus berada di sayap," kata Klopp dikutip dari Liverpool Echo.

Pelatih asal Jerman ini pun senang karena kini lini depan timnya menjadi sangat fleksibel. Bersama dua striker lainnya, Roberto Firmino dan Sadio Mane, permainan Salah semakin diperlukan di depan gawang lawan.

Dengan sering menusuk ke gawang lawan, Salah dapat diandalkan untuk melakukan penyelesaian akhir. Sejauh ini, kata Klopp, skema ini berjalan efektif. "Ada Firmino dan Mane yang ikut ditugaskan untuk mendistribusikan bola sehingga Salah tak harus selalu melebar," kata Klopp.

Gol ke gawang the Magpies menjadi catatan ke-32 gol Salah dari 38 pertandingan di semua ajang musim ini. Sebanyak 24 di antaranya dibuat oleh Salah di ajang Liga Primer Inggris. Berkat torehannya ini, Salah memuncaki daftar top skorer Liga Primer Inggris bersama bomber Tottenham Hotspur, Harry Kane.

Klasemen Liga Inggris 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Manchester City Manchester City 6 4 2 0 14 8 14
2 Arsenal Arsenal 6 4 2 0 9 6 14
3 Liverpool Liverpool 5 4 0 1 10 9 12
4 Aston Villa Aston Villa 5 4 0 1 10 3 12
5 Chelsea Chelsea 6 3 2 1 12 6 11
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement