Senin 05 Mar 2018 09:36 WIB

Rossi Pembalap Tertua, Rins Termuda di MotoGP 2018

Musim ini ada 12 pembalap meraih total 32 gelar juara dunia dari berbagai kelas

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Endro Yuwanto
Valentino Rossi.
Foto: EPA-EFE/RODRIGO JIMENEZ
Valentino Rossi.

REPUBLIKA.CO.ID, LOSAIL -- Hitung mundur balapan pembuka MotoGP 2018 di Qatar telah dimulai. Ahli statistik MotoGP, Martin Raines menyatakan, Valentino Rossi dan Yamaha menjadi pembalap tertua di ajang ini, sementara Alex Rins dari Suzuki menjadi pembalap termuda.

Rossi baru saja memperingati ulang tahun ke-39, Februari tahun ini. Rins akan berusia 22 tahun pada 8 Desember 2018.

photo
Alex Rins

Raines juga memaparkan ada 25 pembalap yang akan berlaga di MotoGP tahun ini. Lima di antaranya adalah pembalap baru (rookie), yaitu Franco Morbidelli, Tom Luthi, Xavier Simeon, Takaaki Nakagami, dan Hafizh Syahrin.

Empat pembalap dari ajang MotoGP 2017 hengkang, yaitu Jonas Folger, Loris Baz, Sam Lowes, dan Hector Barbera. Dilansir dari GP One, Senin (5/3), ada sederet fakta menarik tentang pembalap MotoGP 2018.

Ada 12 pembalap yang memenangkan total 32 gelar juara dunia dari berbagai kelas. Sembilan pembalap pernah memenangkan podium satu di kelas utama dan secara total memenangkan 215 balapan GP di kelas utama sepanjang kariernya. Sebanyak 21 pembalap MotoGP tahun ini pernah memenangkan setidaknya satu dari tiga kelas balapan GP dengan total 461 kemenangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement