Senin 05 Mar 2018 21:35 WIB

Kalahkan Garuda, Hangtuah Cetak Sejarah

Hangtuah berhasil lolos ke semifinal kompetisi basket tertinggi Tanah Air.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain asing BSB Hangtuah Sumsel Nahshon George hendak memasukkan bola saat menghadapi Garuda Bandung pada gim ketiga play-off babak pertama IBL Pertalite 2017/208 di GOR C'tra Arena, Bandung, Senin (5/3)
Foto: Dok IBL
Pemain asing BSB Hangtuah Sumsel Nahshon George hendak memasukkan bola saat menghadapi Garuda Bandung pada gim ketiga play-off babak pertama IBL Pertalite 2017/208 di GOR C'tra Arena, Bandung, Senin (5/3)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim basket Hangtuah Sumsel mencetak sejarah pada pentas Indonesian Basketball League (IBL). Untuk kali pertama, Hangtuah berhasil lolos ke semifinal kompetisi basket tertinggi Tanah Air setelah menyingkirkan Garuda Bandung 2-1. Pada gim ketiga babak pertama play-off IBL Pertalite 2017/2018, Hangtuah mengatasi perlawanan ketat Garuda 64-59 di GOR C'tra Arena, Bandung, Senin (5/3). 

Kedua tim sebelumnya bermain imbang 1-1 sehingga laga ketiga digelar. Hangtuah muncul sebagai pemenang setelah memaksimalkan absennya bigman impor Garuda Roderick Flemings. Kelly Purwanto dkk akan menghadapi juara Divisi Merah Satria Muda Pertamina pada laga semifinal.

Hangtuah dikejutkan oleh komposisi dan gaya permainan cepat yang dikembangkan Garuda. Tim tuan rumah mampu unggul jauh pada akhir kuarter pertama dengan skor 18-3.

Namun tim asuhan Andika Supriadi Saputra bangkit pada kuarter kedua. Melalui duet pemain impornya, Nahshon George dan Keenan Palmer, Hangtuah tak tertahankan. Garuda kesulitan menambah angka dan baru berhasil melakukannya saat kuarter kedua tinggal bersisa dua menit. Garuda berbaik tertinggal 22-27.

Kuarter ketiga berjalan sengit. Garuda berhasil menambah 18 angka dan kemasukan 17 untuk membuat skor 44-40 masih untuk keunggulan Hang Tuah. Namun tanpa Flemings, Garuda kesulitan menahan George di paint area. Galank Gunawan, Luke Martinus, Luftianus Gunawan yang secara bergantian ditugaskan menjaga Nahshon kesulitan. Andai berhasil, pemain lain memanfaatkannya untuk mencetak skor bagi Hangtuah.

Tembakan tiga angka Garuda juga tidak berjalan mulus. Baru pada akhir kuarter empat tembakan jarak jauh Gary Jacobs dan Hans Abraham mulai menemui sasaran. Namun itu tidak cukup mengejar defisit angka dan akhirnya harus mengakui keunggulan Hangtuah 59-64.

Nashon George kembali menjadi motor Hangtuah dengan mengemas 30 angka 21 rebound. Keenan Palmer menambah dengan 27 angka. Di kubu Garuda, Jacobs mencetak 24 angka dan Luke Martinus menambah 11 poin.

Hasil ini tidak saja membuat Hang TUah lolos ke semifinal dengan mencetak sejarah baru. Namun juga semakin menunjukan dominasi Hang Tuahterhadap Garuda musim ini. Pada babak regular, Kelly Purwanto dkk juga unggul 2-1 dari Gauda. 

Play-off babak pertama Divisi Putih baru akan digelar pada Jumat (9/3) yang mempertemukan Stapac kontra Pacific Caesar. Pemenang duel ini sudah ditunggu juara bertahan Pelita Jaya Jakarta di semifinal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement