Senin 05 Mar 2018 23:53 WIB

Messi Buktikan Sebagai Eksekutor Tendangan Bebas Ulung

Messi telah mencetak gol dari tendangan bebas pada setiap tahun sejak 2008

Lionel Messi
Foto: EPA-EFE/ANDY RAIN
Lionel Messi

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Lionel Messi merupakan salah satu sosok paling menghibur di dunia sepak bola dan ancaman nyata terhadap para pemain bertahan lawan. Namun penyerang Barcelona itu kini juga begitu berbahaya dalam situasi-situasi bola mati.

Dengan tendangan bebas akurat dari jarak 23 meter pada Minggu, Messi menaklukkan pagar pemain Atletico Madrid dan kiper Jan Oblak untuk membawa Barcelona meraih kemenangan 1-0 atas pesaing mereka untuk merebut gelar Liga Spanyol di Camp Nou.

Hal itu merupakan upaya sensasional yang membuat tim Katalan yang belum terkalahkan tersebut unggul delapan poin di puncak klasemen.

Jari-jari Oblak mampu mengenai bola sepakan Messi namun kekuatan tendangannya membuat bola tersebut mustahil ditahan, di mana gol tersebut merupakan gol ke-600 sepanjang karier pemain Argentina itu untuk klub dan negaranya.

Ini juga merupakan pertandingan ketiga secara beruntun di mana Messi mencetak gol melalui tendangan bebas, yang ditorehkan dengan tiga gaya yang berbeda.

Saat melawan Girona pada 24 Februari, pemain 30 tahun itu melepaskan sepakan mendatar di bawah pagar pemain, mengejutkan rival derby Barcelona itu ketika timnya menang dengan skor 6-1.

Pada Kamis, ketika bermain imbang 1-1 di markas Las Palmas, Messi melepaskan tendangan dari tepi kotak penalti menuju sudut gawang, melewati pagar pemain dan sama sekali tidak memberi kesempatan kepada kiper Leandro Chichizola.

Gol terkininya saat melawan Atletico merupakan gol tendangan bebas kelimanya pada 2018, dan tidak ada pemain lain di Eropa yang telah mencetak gol dengan jumlah yang sama pada musim ini. Penyerang bernomor punggung sepuluh itu sebelumnya mencetak empat gol tendangan bebas pada satu tahun kalender pada 2012.

Pada Februari tahun lalu saat melawan Athletic Bilbao, Messi memecahkan rekor Ronald Koeman di klub dengan catatan 26 gol tendangan bebas. Sang penyerang kini telah mengukir 33 gol tendangan bebas untuk Barcelona, 24 di antaranya dibukukan di Liga Spanyol, dan enam gol lain bersama Argentina.

Messi telah mencetak gol dari tendangan bebas pada setiap tahun sejak 2008. Menurut mantan pelatih kebugaran Argentina Fernando Signorini, pada 2009 pelatih timnas saat itu Diego Maradona memberinya beberapa masukan yang mengubah gaya eksekusinya. Hampir satu dekade kemudian, Messi kelihatannya telah menguasai sepenuhnya seni tendangan bebas.

 

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement