Rabu 07 Mar 2018 17:27 WIB

Jamu Tim Vietnam, Bali United Petik Kemenangan Perdana

Ini membuat Bali sementara ini aman di peringkat kedua klasemen Grup G Piala AFC.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Endro Yuwanto
Pesepak bola Bali United Demerson Bruno Costa (tengah) meluapkan kegembiraannya setelah berhasil membobol gawang FLC Thanh Hoa, Vietnam dalam pertandingan Grup G Piala AFC 2018 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (7/3).
Foto: Antara/Nyoman Budhiana
Pesepak bola Bali United Demerson Bruno Costa (tengah) meluapkan kegembiraannya setelah berhasil membobol gawang FLC Thanh Hoa, Vietnam dalam pertandingan Grup G Piala AFC 2018 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (7/3).

REPUBLIKA.CO.ID, GIANYAR -- Bali United akhirnya berhasil meraih tiga angka pertama di Piala AFC 2018 setelah menang dari klub Vietnam FLC Thanh Hoa, Rabu (7/3). Laga antara kedua kesebelasan pada pertandingan ketiga babak penyisihan Grup G di Stadion Wayan Dipta, Gianyar, berakhir dengan skor 3-1.

Kemenangan kali ini membuat Bali sementara ini aman di peringkat kedua klasemen Grup G dengan mengemas empat angka. Posisi tersebut dari hasil sekali kemenangan, dan sekali kalah 1-3 saat menjamu Yangon United (13/2), dan satu kali imbang 1-1 saat tandang ke markas Global Cebu, (27/2).

Sementara, FLC kini turun peringkat ke posisi tiga di papan klasemen dengan koleksi tiga angka. Namun penyisihan grup masih menyisakan tiga pertandingan lagi. Skuat Serdadu Tridatu, pada Selasa (13/3), giliran tandang ke markas FLC di Vietnam untuk melakoni pertandingan keempat.

Saat Bali menjamu FLC, sebetulnya tim asuhan pelatih Widodo Cahyono Putro bermain tak memuaskan. Babak pertama, Serdadu Tridatu tertinggal lewat gol sepakan bebas dari gelandang bertahan FLC Ryutaro Karube. Gol pada menit ke-30 itu menjadi satu-satunya skor pada 45 menit pertama.

Pada babak kedua, Bali United mulai menampakkan kelasnya. Aksi individu gelandang serang Yabes Roni pada menit ke-66 berhasil menyamakan kedudukan menjadi imbang 1-1. Skor penyama itu membuat para penggawa Bali semakin ngotot bermain. Meski ada perlawanan, tapi para pemain tamu asuhan pelatih Marian Mihal tak mampu membendung.

Bali kembali unggul pada menit ke-72. Kali ini sepakan pojok Fadil Sausu berhasil membuat para suporter tuan rumah gembira. Tendangan sudut tersebut itu berhasil mengantarkan bola ke mulut gawang FLC yang disambut tandukan pemain bertahan tuan rumah Demerson. Kiper Tran Buu Ngoc kembali kebobolan dan membuat skor menjadi berbalik 2-1.

Upaya para pemain FLC menyamakan kedudukan tak berhasil. Alih-alih membuat gol penyeimbang, gawang FLC kembali jebol. Kali ini giliran gelandang serang tuan rumah Stefano Lililapy menampakkan ketajamannya di lini depan.

Umpan sepakan lepas Nick van Velden dari tengah lapangan berhasil mengantarkan bola ke lini kiri pertahanan FLC. Ada Lilipaly yang dituju. Meski dikawal para pemain lawan, pemain dengan angka punggung 87 itu berhasil lepas dari kawalan dan melepas sepakan lambung ke arah gawang yang tak mampu dihalau kiper Buu Ngoc. Skor menjadi renggang 3-1.

Sisa waktu 15 menit sebelum pertandingan pungkas, tak cukup bagi FLC memperkecil kedudukan. Bali yang tampak sudah cukup dengan jumlah gol, mulai bermain hati-hati dan bertahan. Sampai peluit panjang tanda pertandingan bubar, skor 3-1 tetap. Bali pun berhasil membuat FLC pulang dengan kepala tertunduk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement