Sabtu 10 Mar 2018 23:42 WIB

Tech3 Yakin Johann Zarco akan Ikut Gabung KTM

Tech 3 sudah memutuskan kontrak mereka dengan Yamaha pada musim 2019.

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Ratna Puspita
Johann Zarco
Foto: EPA-EFE/AHMAD YUSNI
Johann Zarco

REPUBLIKA.CO.ID, BORMES-LES-MIMOSAS -- Bos Tech 3 Herve Poncharal yakin Johann Zarco akan bertahan di timnya, meski mereka bergabung dengan pabrikan asal Austria, KTM. Tech 3 sudah memutuskan kontrak mereka dengan Yamaha pada musim 2019 dan akan didukung penuh oleh KTM.

Zarco menjadi salah satu pembalap yang paling diminati saat ini. Baru masuk MotoGP pada musim 2017, Zarco langsung finis di peringkat keenam. Dari 18 balapan pada musim 2017, Zarco membantu Tech3 mengalahkan Movistar sebanyak tujuh kali.

"Johann Zarco dan manajer pribadi Laurent Fellon akan melihat semua kemungkinan. Akan tetapi, akan menjadi mimpi kami untuk memilikinya, dan apa yang saya katakan tidaklah mustahil," ujar Poncharal, seperti dilansir dari Motorsport, Sabtu (10/3).

Namun, masih belum ada kabar dari Zarco sendiri apakah ia bakal hengkang ke tim lain atau tetap bersama Tech3. Jika memutuskan untuk tetap menjadi pembalap tim asal Prancis tersebut maka ia akan memakai motor spek pabrikan KTM.

"Saya tidak tahu apa yang saya katakan ini sesuatu yang pasti atau cukup pasti, tetapi yang saya katakan ini adalah yang ingin saya harapkan terjadi," kata Poncharal.

Meski berharap tapi Poncharal juga tidak ingin memaksa Zarco untuk tetap bertahan di Tech 3. Ia ingin Zarco yang memutuskan masa depannya sendiri. Karena ia tidak mau memaksakan keputusan yang akan disesali Zarco nantinya.

Poncharal juga memberikan kebebasan kepada Zarco untuk melihat penawaran-penawaran dari tim lain. Di satu sisi, Poncharal tetap percaya diri Zarco juga akan tertarik dengan tantangan yang akan dia hadapi kalau tetap bertahan di Tech3.

Poncharal membantah rumor yang menyatakan Zarco tidak akan memakai motor KTM terbaru pada musim 2019 meski tetap bertahan di Tech3. Menurut Poncharal, pembalap berusia 26 tersebut sudah sepantas masuk tim utama.

"Sejak musim 2017 terakhir, saya selalu mengatakan jika Johann tidak mendapatkan paket pabrikan atau berada di tim pabrikan pada 2019, saya rasa ada yang salah di dunia ini, dia jelas pantas, dan ini adalah hal terakhir yang Anda perlukan untuk akhirnya mampu bertarung untuk gelar di kelas MotoGP," kata Poncharal.

Hal itu akan berbeda menurut Poncharal jika Zarco tetap bertahan di Yamaha. Karena ia yakin Maverick Vinales akan tetap bertahan di Movistar dan Valentino Rossi juga belum berniat untuk pensiun. "Menurut saya mereka akan bertahan dan tidak ruang bagi Zarco di dalam tim pabrikan Yamaha," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement