Sabtu 17 Mar 2018 14:59 WIB

Maroko Ajukan Penawaran Tuan Rumah Piala Dunia 2026

Ini menjadi kali kelima Maroko mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Israr Itah
Piala Dunia
Piala Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, RABAT -- Maroko resmi mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2026. Komite Penawaran Piala Dunia 2026 Moroko sudah menyatakan memberikan dokumen penawaran tersebut ke markas FIFA yang berada di Swiss.

"Komite berkomitmen untuk memasukan penawaran yang berkualitas tetapi sesuai tenggat waktu yang ditetapkan FIFA," kata pernyataan Komite Maroko seperti dilansir dari Xinhua, Sabtu (17/3).

Ini menjadi kali kelima Maroko mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia. Sebelumanya Maroko pernah melakukan penawaran untuk Piala Dunia tahun 1994, 1998, 2006 dan 2010. Namun kesemuanya gagal.

Selain Maroko ada juga negara-negara yang tergabung dalam CONCACAF yakni Amerika Serikat, Kanada dan Mesiko yang mengajukan penawaran sebagai tuan rumah Piala Dunia 2026.

Pada Piala Dunia 2026 nanti FIFA tidak lagi melanjutkan kebijakan rotasi benua untuk pemilihan tuan rumah. Negara mana pun dapat mengajukan diri sebagai tuan rumah. Syaratnya, konfederasi yang berada dalam benua mereka tidak menyelenggarakan salah satu dari dua Piala Dunia terakhir.

"Piala Dunia 2026 di Maroko akan menciptakan keuntungan bagi pemain, fan, FIFA, Maroko, Afrika dan seluruh dunia," tambah pernyataan Komite Maroko.

Para ahli FIFA akan melakukan peninjuan ke Maroko pada 17 sampai 19 April mendatang. FIFA akan memutuskan siapa yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026 di Kongres FIFA di Moskow, Rusia pada 13 Juni nanti. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement