Ahad 18 Mar 2018 06:10 WIB

Zarco Start Terdepan di GP Qatar

Pembalap Tech-3 mencatatkan waktu tercepat satu menit 53,680 detik pada kualifikasi.

Johann Zarco di atas Yamahanya.
Foto: Shizuo Kambayashi/AP
Johann Zarco di atas Yamahanya.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Pembalap Prancis Johann Zarco merebut posisi start terdepan pada GP Qatar yang menjadi seri pembuka MotoGP musim ini. Pembalap Tech-3 ini mencatatkan waktu tercepat satu menit 53,680 detik pada sesi kualifikasi di Sirkuit Losail, Doha, Sabtu (17/3). 

Pole position ini merupakan yang ketiga kalinya bagi Zarco di kategori teratas balap sepeda motor yang ia masuki tahun lalu.  Zarco juga memecahkan rekor 10 tahun yang dipegang Jorge Lorenzo. Pada 2008, Lorenzo start terdepan di GP Qatar dengan catatan waktu 1 menit 53,927 detik.

Juara bertahan yang membela Repsol Honda Marc Marquez lebih lambat 0,202 detik dibanding Zarco. Ia akan memulai balapan malam pada Ahad (18/3) di tengah baris terdepan. Pembalap Italia Danilo Petrucci berada di urutan ketiga grid, lebih lambat 0,005 detik dibanding Marquez. 

Pebalap Britania Cal Crutchlow akan menduduki posisi start keempat untuk tim LCR Honda, sedangkan pembalap pabrikan Ducati Andrea Dovizioso, rival utama Marquez tahun lalu, menduduki urutan kelima.

Pmebalap legendaris Italia Valentino Rossi akan memulai musim ke-23nya di balapan Grand Prix, pada usia 39 tahun, dari posisi kedelapan untuk Yamaha.

"Terasa menyenangkan... cara yang bagus juga untuk memulai musim ini," kata Zarco, yang terjatuh pada latihan bebas terakhir namun disebut-sebut sebagai calon pemenang dan kandidat penantang serius untuk kejuaraan musim ini.

"Kami perlu untuk melangkah untuk dapat menang besok. Namun setidaknya ketika saya memiliki sepeda motor yang ringan dengan ban baru, saya merasa begitu nyaman."

Marquez, yang memenangi empat dari lima gelar terakhir di MotoGP, senang dengan penampilannya.

"Hari ini Johann begitu mengagumkan, saya mengikuti dia dan ia sangat cepat. Kita lihat saja kecepatan balapan pada esok hari," tuturnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement