Senin 19 Mar 2018 17:22 WIB

Pesepak Bola Muda Surabaya akan Berlatih di Liverpool

Ini sebagai tindak lanjut penandatanganan kerja sama sister city dengan Liverpool

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Hazliansyah
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Wali Kota Liverpool Joe Anderson menjalin kerja sama kota kembar (sister city). Kerja sama ditandai dengan pendatanganan MoU di Balai Kota Surabaya, Senin (19/3).
Foto: Republika/Dadang Kurnia
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Wali Kota Liverpool Joe Anderson menjalin kerja sama kota kembar (sister city). Kerja sama ditandai dengan pendatanganan MoU di Balai Kota Surabaya, Senin (19/3).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Surabaya Afghani Wardhana menyatakan, akan segera melakukan seleksi terhadap bibit-bibit atlet sepak bola di Surabaya untuk dikirim ke Liverpool. Seleksi dilakukan sebagai tindak lanjut penandatanganan kesepakatan kerja sama kota kembar (sister city) antara Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Wali Kota Liverpool Joe Anderson.

"Anak-anak yang berbakat, anak-anak yang punya talenta, tentu nanti akan kita seleksi bersama, utamanya usia 11 tahun. Itu nanti kita akan seleksi dan dilakukan coaching clinic, dan dari situ nanti tentu akan kelihatan yang memang punya talenta untuk diberangkatkan ke Liverpool," kata Afghani di Balai Kota Surabaya, Senin (19/3).

Afghani mengaku sudah memiliki konsep seperti apa yang akan dijalankan dalam upaya menjaring bibit-bibit pesepak bola di Kota Pahlawan. Dia pun memastikan, seleksi akan dilakukan secara objektif. Seleksi akan dilakukan di 42 sekolah sepak bola (SSB) yang ada di bawah naungan Asosiasi Sepak Bola Kota (Askot) Surabaya.

"Konsep seleksi kita sudah ada. Tentu terkait dengan seleksi kita akan benar-benar seobjektif mungkin, sehingga ketika kita mengirimkan pemain ke luar itu sesuai dengan harapan. Semua SSB se-Surabaya yang 42 lebih yang di dalam naungan Askot," ujar Afghani.

Harapannya, setelah bibit pesepak bola berbakat tersebut berlatih di luar negeri, bisa mendapat ilmu dan pengalaman yang memadai. Sehingga, sepulangnya dari sana, mereka bisa menjadi penyemangat bagi calon-calon atlet sepak bola lainnya di Surabaya.

"Untuk bisa mendapatkam ilmu yang lebih memadai. Sehingga sepulangnya dari luar mereka akan mendapatkan ilmu, pengalaman, sehingga ini akan menjadi penyemangat bagi anak-anak Surabaya," kata Afghani.

Seperti diketahui, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Wali Kota Liverpool Joe Anderson menandatangani kesepakatan kerja sama kota kembar (sister city) di Gedung Balai Kota Surabaya, Senin (19/3). Kesepakatan kerja sama yang ditandatangani, salah satunya adalah terkait sepak bola.

Kerja sama tersebut mengartikan, para atlet sepak bola cilik berprestasi yang ada di Surabaya, berkesempatan menimba ilmu di Liverpool.

Risma merasa ini sebagai kesempatan bagus. Apalagi, Liverpool dikenal sebagai kota tempat lahirnya klub-klub ternama seperti Liverpool FC dan Everton yang berkiprah di Liga Primer Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement