Rabu 21 Mar 2018 12:15 WIB

Xavi Berikan Saran Dembele untuk Sukses di Barcelona

Dembele harus memiliki mentalitas yang kuat sebagai pemain Barcelona.

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Endro Yuwanto
Xavi Hernandez
Foto: EPA/MARCUS BRANDT
Xavi Hernandez

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Legenda Barcelona Xavi Hernandez membeberkan cara agar Ousmane Dembele bisa berhasil di Barcelona. Dembele mengalami kesulitan di awal musim bersama Barcelona karena cedera.

Tapi Dembele mulai menunjukan performanya dengan mencetak gol saat melawan Chelsea dan memberikan assist ketika berhadapan dengan Atletico Madrid.

"Dia akan butuh waktu, Barca seperti ujian untuk pemain sepak bola, Dembele seperti sedang mengambil pasca-sarjana sekarang karena tidak semua orang bisa bermain di klub ini," kata Xavi seperti dilansir dari So Foot, Rabu (21/3).

Xavi menambahkan, pemain Barcelona harus tahu lebih banyak dibandingkan bermain di tim lainnya. Menurut dia, Dembele memiliki talenta untuk bisa bermain di Barcelana.

photo
Pemain baru Barcelona, Ousmane Dembele saat diperkenalkan di Camp Nou, Senin (28/8).

Xavi mengatakan, Dembele pemain yang cepat. Tapi di Barcelona ia tidak mendapatkan ruang seluas ketika ia bermain di Borussia Dortmund atau Rennes. Ia membutuhkan waktu untuk bisa mendapatkan ruang yang dibutuhkan. "Ia harus berpikir cepat, berpikir sepersekian detik, di sini akan terlihat mentalitasnya," jelas dia.

Xavi juga menambahkan, Dembele harus memiliki mentalitas yang kuat sebagai pemain Barcelona. Xavi menjelaskan ada beberapa pemain yang bisa bertahan di Barcelona sampai 15 tahun. Tapi ada juga pemain bagus yang tidak bisa mengeluarkan performa terbaik karena tekanan saat bermain di Barcelona.

"Di latihan, ketika Anda melihat mereka, Anda akan berkata 'mereka akan mematahkan semuanya, mereka akan menjadi legenda' tapi ketika di lapangan kaki mereka bergetar, mereka tidak lagi mau menerima bola, dan Anda akan bertanya-tanya apa yang terjadi pada mereka," kata Xavi.

Menurut Xavi kekuatan mental sangat penting bagi kualitas pemain, terutama di pertandingan-pertandingan besar. Ia menambahkan, Dembele hanya perlu melihat rekan-rekan setimnya di Barcelona dan laga el classico melawan Real Madrid untuk menginspirasinya. "Kekuatan mental mestablikan performa, itu yang membuat pemain semakin kuat," jelas dia.

Dembele harus siap berhadapan dengan pemain-pemain hebat seperti Marcelo, Luka Modric atau Sergio Ramos. Xavi mencontohkan pemain Real Madrid Lucas Vazquez yang bermain sangat baik menghadapi Paris Saint-Germain di Liga Champions. Ia bahkan bisa menerjang Presnel Kimpembe. "Anda akan bertanya-tanya 'apa yang ia lakukan? Apakah ia sudah gila?' Tidak dia hanya memiliki mental yang kuat," kata Xavi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement