Jumat 23 Mar 2018 07:57 WIB

Buffon: Saya Mungkin 40 Tahun, Tapi Masih Nomor Satu

Buffon sebelumnya mengisyaratkan musim ini bisa jadi yang terakhir untuk kariernya.

Rep: Santi Sopia/ Red: Endro Yuwanto
Gianluigi Buffon
Foto: EPA-EFE/DANIEL DAL ZENNARO
Gianluigi Buffon

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kiper veteran Juventus Gianluigi Buffon membalas kritik soal dirinya yang kembali terpilih sebagai kiper utama timnas Italia. Buffon tetap berpandangan positif atas kritik yang menerpanya.

"Saya mungkin berusia 40 tahun, tetapi saya masih menjadi penjaga gawang nomor satu di Juventus," ujar Buffon dilansir Sky Sports, Jumat (23/3).

Sebelumnya, sang kiper dispekulasikan segera mengakhiri karier internasionalnya menyusul kegagalan mengejutkan Italia lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Tapi kini ia bakal memimpin Azzurri untuk pertandingan persahabatan melawan Argentina dan Inggris karena telah dipertahankan sebagai kapten oleh pelatih sementara Italia, Luigi di Biagio.

Keputusan itu dipertanyakan sejumlah kalangan, tetapi legenda Juventus berusia 40 tahun menegaskan ia masih yang terbaik. Buffon, yang memegang rekor Eropa 175 caps internasional itu pun mengatakan perannya dalam skuat selalu positif dan bisa selalu menyatukan pemain.

"Saya selalu menempatkan tim di depan saya. Semua orang tahu yang sebenarnya. Saya tidak di sini untuk menampilkan, untuk menunjukkan diri saya sendiri. Saya masih bisa berguna. Saya mungkin 40 tapi saya adalah kiper Juventus," jelas Buffon.

Bagi Buffon, setiap kontroversi tentang dirinya hanya sensasi. Setelah beberapa saat, semua kontroversi itu pun akan sirna begitu saja.

Buffon sebelumnya mengisyaratkan musim ini bisa menjadi yang terakhir untuk kariernya. Berbicara pada konferensi pers di Stadion Etihad, Buffon mengaku tidak tahu apakah pertandingan terakhirnya akan bersama Juventus atau pada laga internasional bersama timnas.

"Tetapi itu akan menjadi kunci rendah dan tenang, normal. Saya tiba di pertandingan pertama saya dengan skuter dan satu-satunya mobil yang saya miliki adalah yang disediakan Juventus untuk saya," kata Buffon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement