Jumat 23 Mar 2018 11:03 WIB

Buffon: Messi Lebih Lengkap dari Ronaldo

Messi dan Ronaldo kerap dianggap sebagai dua pemain terbesar sepanjang masa.

Rep: Santi Sopia/ Red: Endro Yuwanto
Gianluigi Buffon
Foto: EPA-EFE/ALESSANDRO DI MARCO
Gianluigi Buffon

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kapten Juventus Gianluigi Buffon menganggap bintang Barcelona, Lionel Messi sebagai pemain yang lebih lengkap daripada superstar Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Buffon mengutarakan pandangannya menjelang laga Italia kontra Argentina dalam pertandingan persahabatan internasional di Manchester, Sabtu (24/3).

"Mereka adalah dua pemain yang benar-benar berbeda," kata kiper veteran Buffon kepada wartawan dilansir Sky Sports, Jumat (23/3).

photo
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

Messi dan Ronaldo kerap dianggap sebagai dua pemain terbesar sepanjang masa. Selain sama-sama memenangi lima kali Ballon d'Or (pemain terbaik dunia) lima kali, keduanya adalah pencetak gol terdepan sepanjang masa untuk Barca dan Madrid.

"Messi lebih lengkap, karena ia mulai lebih dalam, memiliki kualitas teknis lebih dan visi permainan yang layak, lebih dari trequartista daripada finisher," lanjut Buffon.

Sementara Ronaldo, menurut Buffon, mungkin karena berusia sedikit lebih tua sehingga sangat mematikan di area penalti. Dibandingkan zaman terdahulu, Ronaldo kini lebih menjaga energinya. "Jadi dia tidak lagi keluar ke sisi untuk trik-tembakan, tetapi dengan satu bola ke dalam kotak ia bisa menciptakan gol," ujar Buffon.

Lionel Messi memuncaki daftar pencetak gol La Liga dengan 25 gol untuk pemuncak klasemen sementara, Barca musim ini. Jumlah itu unggul tiga angka di atas Ronaldo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement