Sabtu 24 Mar 2018 05:41 WIB

Meski tanpa Messi, Argentina Bungkam Italia

Dua gol Argentina dicetak oleh Ever Banega dan Manuel Lanzini.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Teguh Firmansyah
Laga uji coba Argentina vs Italia
Foto: republika
Laga uji coba Argentina vs Italia

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Dua gol bersarang di gawang Italia, saat Gli Azzuri menghadapi Argentina dalam laga persahabatan di Stadion Ettihad, Manchester, Inggris, Sabtu (24/3) dini hari WIB. Dua gol Albiceleste masing-masing dicetak oleh Ever Banega dan Manuel Lanzini.

Dalam laga tersebut, Argentina tidak diperkuat oleh Lionel Messi, yang harus beristirahat usai kelelahan otot di kakinya. Pun dengan absennya penyerang Manchester City, Sergio Aguero, di lini depan Albiceleste.

 

Posisi Messi digantikan oleh Giovanni Lo Celso. Sedangkan di lini depan, Gonzalo Higuain dipercaya pelatih Jorge Sampaoli sebagai ujung tombak.

Sedangkan Italia masih diperkuat Gianluigi Buffon, yang memutuskan untuk kembali memperkuat timnas Italia. Marco Veratti dan Marco Parolo mengisi lini tengah Gli Azzurri. Sedangkan lini depan Italia dihuni oleh Federico Chiesa, Ciro Immobile, dan Lorenzo Insigne. Laga ini pun menjadi laga debut buat Luigi Di Biagio sebagai pelatih sementara Italia, menggantikan Gianpiero Ventura.

Pada sepanjang laga, Argentina mampu menguasai permainan. Tercatat, Gonzalo Higuain dkk berhasil mengemas penguasaan bola sebesar 60 persen. Selain itu, para penggawa Albiceleste juga berhasil melepaskan 14 tendangan, delapan di antaranya berhasil mengarah ke gawang Italia.

Namun, berbagai gempuran dan gelombang serangan Argentina selama babak pertama berhasil dimentahkan oleh Buffon, yang melakoni laga ke-176 bersama timnas Italia.

 

Kiper berusia 40 tahun itu tercatat beberapa kali mementahkan sejumlah peluang dari para pemain Argentina. Mulai dari sundulan Nicolas Otamendi hingga tendangan dari Higuain. Babak pertama pun berakhir imbang tanpa gol.

Memasuki babak kedua, Argentina terus meningkatkan tekanan. Sementara Italia berusaha membalas lewat serangan balik. Gli Azzuri sempat mendapatkan peluang emas pada menit ke-48, tepatnya saat Insigne tinggal berhadapan dengan kiper Argentina, Willy Cabalero. Sayangnya, tendangan penyerang Napoli itu justru melambung di atas mistar gawang Argentina.

Pada menit ke-75, Argentina akhirnya mampu mencetak gol lewat tendangan dari Ever Banega, yang menggantikan Leandro Paredes. Setelah melakukan umpan satu-dua dengan Lo Celso, Banega melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti. Bola pun mengarah ke sisi kanan gawang Italia dan tidak mampu dihalau Buffon. Ini merupakan gol keenam Banega bersama Argentina.

Italia berusaha membalas. Namun, serangkaian serangan yang dilakukan tim besutan Luigi Di Biagio itu malah membuat lubang di lini pertahanan. Lewat serangan balik cepat, Argentina malah mampu menggandakan keunggulan. Manuel Lanzini berhasil melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti, usai menerima umpan dari Higuain. Gol ini menjadi gol pertama pemain yang merumput bersama West Ham United tersebut bersama Albiceleste.

Pada laga persahabatan berikutnya, Italia akan menghadapi Inggris, Selasa (27/3) waktu setempat. Sementara Argentina akan menjajal kekuatan juara Piala Dunia 2010, Spanyol, Selasa (27/3) waktu setempat.

Susunan Pemain:

Argentina (4-2-3-1)

Pelatih: Jorge Sampaoli

Kiper: W. Caballero

Belakang: F. Bustos, N. Otamendi, F. Fazio, N. Tagliafico

Tengah: L. Biglia, L. Paredes; M. Lanzini, G. Lo Celso, . Di Mara

Depan: G. Higuain

Italia (4-3-3)

Pelatih: Luigi Di Biagio

Kiper: G. Buffon

Belakang: A. Florenzi, L. Bonucci, D. Rugani, M. De Sciglio

Tengah: M. Parolo, Jorginho, M. Verratti

Depan: F. Chiesa , C. Immobile, L. Insigne

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement