Sabtu 24 Mar 2018 07:42 WIB

Southgate Puas Inggris Akhirnya Bisa Kalahkan Belanda

Inggris menang 1-0 pada laga uji coba di Belanda.

Rep: Lintar Satria/ Red: Andri Saubani
Gelandang timnas Inggris, Dele Alli (kedua kiri) diantara kepungan pemain Belanda pada laga persahabatan di Cruijff Arena, Sabtu (24/3) dini hari WIB. Inggris menang 1-0.
Foto: AP Photo/Peter Dejong
Gelandang timnas Inggris, Dele Alli (kedua kiri) diantara kepungan pemain Belanda pada laga persahabatan di Cruijff Arena, Sabtu (24/3) dini hari WIB. Inggris menang 1-0.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Inggris akhirnya bisa mengalahkan Belanda setelah 22 tahun. Tim asuhan Gareth Southgate berhasil memenangkan pertandingan ujicoba dengan skor 1-0 di Johan Cruijff Arena, Sabtu (24/3). Jesse Lingard mencetak satu-satunya gol pada pertandingan ini pada menit ke-59.

"Ini uji coba yang bagus untuk kami, datang dari rumah jauh-jauh dan kami mengontrol pertandingan, kami bermain dengan bola sangat baik selama 60, 65 menit, mungkin dibutuhkan kualitas yang lebih bagus lagi untuk bermain di fase gugur tapi kami sudah sangat solid," kata Southgate paska pertandingan kepada ITV Sports, Sabtu (24/3).

Southgate juga senang strategi tiga pemain belakang yang diterapkan bekerja dengan baik. Sistem ini bahkan bekerja dengan baik ketiga Joe Gomez cedera saat 10 menit pertandingan baru berlangsung. Harry Maguire tetap bisa menjalankan strategi ini dengan John Stone dan Kyle Walker.

"Tiga pemain belakang luar biasa dan begitupula kiper Jordan Pickford, cara mereka bermain di belakang sangat bagus. Mereka bermain dengan ketenangan dan kecerdasan," kata Southgate.

Kemenangan ini menjadi kemenangan pertama Inggris dari Belanda sejak Piala Eropa 1996. Saat itu, Inggris berhasil mengalahkan Belanda dengan skor 4-1 di Stadion Wembley. Southgate masih bermain di tim nasional Inggris kala itu.

Sejak saat itu di tujuh pertandingan persahabatan sebelumnya Inggris selalu gagal mendapatkan kemenangan. Southgate pun memuju Lingard yang mencetak gol kemenangan dalam pertandingan ini.

"Dia bersama kami bermain selama tiga atau empat tahun sejak U-21 dan tahun ini ia memulai kesempatannya," kata Southgate.

Gol ini menjadi gol pertama Lingard di tim senior Inggris. Kapten tim Inggris Jordan Henderson juga puas dengan hasil ujicoba ini. Terutama tiga pemain belakang yang bermain dengan sangat baik.

"Tiga pemain belakang kami melihat dengan bentuk yang seperti itu tetap solid, dan memberi kami kebebasan untuk mencari posisi dilapangan tengah," kata Henderson.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement