Selasa 27 Mar 2018 01:55 WIB

Legenda Bulu Tangkis Sanjung Kegigihan Pelatih di Daerah

Para pelatih di kampung-kampung hingga kota-kota di daerah punya peran besar.

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah
Christian Hadinata
Foto: Antara/Agung Fatma Putra
Christian Hadinata

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Legenda bulu tangkis dunia Christian Hadinata memuji para pelatih lokal di Indonesia sebagai pahlawan olahraga. Menurut Christian, para pelatih di kampung-kampung hingga kota-kota di daerah punya peran besar dalam melahirkan bintang dunia.

Para pelatih besar sepertinya yang merupakan spesialis pemoles talenta tak akan bisa berhasil jika atlet-atlet muda tidak ditempa dulu di daerah. Christian mengatakan, para pelatih di kampung sangat hebat dalam melatih hal-hal dasar dalam bermain.

Kehebatan para pelatih di daerah ini pun sangat memudahkan pekerjaan para pencetak bintang bulu tangkis dunia sepertinya dalam mengembangkan kemampuan atlet muda. Menurut Christian, sanjungan memang layak dilayangkan kepada para pelatih-pelatih ini.

"Peran pelatih di kampung dan daerah-daerah sangat penting membangun karakter dan teknik dasar," kata Christian di GOR Angkasa, Pekanbaru, Senin (26/3).

Peraih emas pada Asian Games 1974, 1978, dan 1982 ini mengatakan, semakin belia anak mendapatkan pelatihan di daerah-daerah akan semakin baik. Setelah mendapatkan pelatihan yang cukup di daerah, barulah atlet cilik bisa mulai menimba ilmu di tempat yang punya tradisi bulu tangkis. 

"Kalo dilatih sejak muda dan dilatih dengan benar maka perkembangannya akan sangat melesat," kata Christian.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement