Selasa 27 Mar 2018 17:11 WIB

Gianfranco Zola: Inggris Selangkah Lebih Maju dari Italia

Inggris mendorong sistem pendidikan sepak bola anak muda.

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Endro Yuwanto
Gianfranco Zola
Foto: Peter Powell/EPA
Gianfranco Zola

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan penyerang Chelsea Gianfranco Zola mengatakan, sepak bola Inggris selangkah lebih maju dibandingkan Italia. Italia akan berhadapan dengan Inggris di laga uji coba pada Rabu (28/3) nanti di Stadion Wembley.

Pada tahun 1990 banyak orang Inggris yang mengikuti Serie A Italia. Sekarang, justru banyak orang Italia yang menonton Liga Primer Inggris. "Sejarah memberitahu kami, pada saat itu, kami memiliki liga terbaik di dunia dan pemain asing terbaik membantu pemain muda kami tumbuh," kata Zola seperti dilansir dari ESPN, Selasa (27/3).

Kini, Italia menyiarkan enam pertandingan Liga Primer secara langsung setiap pekannya. Menurut Zola yang juga mantan pemain tim nasional Italia, Inggris mendorong sistem pendidikan anak muda.

"Sekarang Inggris selangkah lebih maju dibandingkan kami, dan saya pikir ini bukan tentang uang. Sepak bola nasional mereka meledak dan mereka mendorong sistem pendidikan anak muda dan bekerja meningkatkan kualitas pelatih mereka," jelas Zola.

Zola mengatakan, tidak diragukan lagi Italia sedang mengalami kesulitan. Puncaknya, Italia gagal masuk Piala Dunia setelah kalah dari Swedia di leg kedua babak playoff kualifikasi Piala Dunia tahun lalu. Skuat asuhan Gian Piero Ventura kalah dengan skor 0-1.

"Satu hal yang pasti Italia tidak lagi memiliki pemain top kelas dunia dan pertanyaannya mengapa kami tidak lagi memproduksi pemain-pemain top," kata Zola.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement