Selasa 27 Mar 2018 21:59 WIB

Matthaeus: Klopp Bawa Liverpool Sukses di Liga Champions

Klopp dinilai tak banyak mengubah gayanya seperti saat membesut Dortmund.

Lothar Matthaus
Foto: bigtvsport.com
Lothar Matthaus

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan kapten timnas Jerman Lothar Matthaeus menyatakan, juru taktik Liverpool Juergen Klopp dapat mempertahankan filosofi menyerangnya yang membuat ia dikagumi di Jerman. Klopp pun dinilai sanggip membentuk skuat yang mampu menjuarai Liga Champions.

Liverpool, juara Eropa lima kali, berada pada perempat final Liga Champions musim ini dan akan berhadapan dengan sesama klub Liga Primer Inggris Manchester City pada leg pertama di Anfield, 4 April nanti.

photo
Juergen Klopp

Klopp memimpin bekas timnya Borussia Dortmund untuk memenangi gelar Bundesliga Jerman pada 2011 dan 2012, menjuarai Piala Jerman, dan membawa Dortmund ke final Liga Champions 2013 saat kalah dari seteru abadi Bayern Muenchen.

Pria 50 tahun itu mengambil alih Liverpool pada 2015. Ia lantas mempertajam citra petualangnya di sepak bola dengan sejumlah perekrutan kunci, termasuk pencetak gol terbanyak Liga Primer Inggris yakni Mohamed Salah asal Mesir dan penyerang lainnya Sadio Mane asal Senegal.

"Ia (Klopp) tidak banyak mengganti gayanya (dari Dortmund). Ia telah melakukan pekerjaan yang sangat bagus. Saya percaya sejak awal bahwa ia dan Liverpool memiliki kemitraan yang sangat bagus," kaat Matthaeus kepada situs resmi klub Liverpool. "Anda dapat melihatnya pada hasil-hasil bagus, pertandingan-pertandingan bagus, dan ia membeli pemain-pemain yang tepat. Bagi saya, itu adalah tim yang dapat memenangi Liga Champions dalam (waktu) dua bulan di Kiev."

Liverpool juga mengejar posisi kedua di Liga Primer Inggris di bawah tim yang sudah unggul jauh Manchester City. Klub Merseyside itu berada di peringkat ketiga dengan 63 poin dari 31 pertandingan, tertinggal dua poin dari rival abadi Manchester United yang telah memainkan satu pertandingan lebih banyak.

"Ia bekerja sangat keras, timnya selalu siap untuk berjuang selama 90 menit dan mereka berada dalam kondisi yang bagus," puji Matthaeus, yang ikut bermain pada pertandingan antara legenda Bayern Muenchen dan Liverpool yang berakhir imbang 5-5 di Anfield pada akhir pekan lalu. "Ia menemukan pemain-pemain yang tepat, khususnya sektor serangan, yang dapat membuat perbedaan pada level tertinggi."

Liverpool akan bermain melawan tim peringkat ke-16 klasemen Liga Prmer Inggris Crystal Palace pada Sabtu nanti.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement