Senin 09 Apr 2018 15:00 WIB

Jelang Vs Liverpool, Guardiola Akui City Sandang Beban

City telah kebobolan enam gol dalam dua pertandingan terakhir.

Rep: Santi Sopia/ Red: Endro Yuwanto
Pep Guardiola
Foto: EPA-EFE/Peter Powell
Pep Guardiola

REPUBLIKA.CO.ID,MANCHESTER -- Kekalahan Manchester City 2-3 pada derbi Manchester dari Manchester United, Ahad (8/4) lalu tak dijadikan momen bermuram durja oleh pelatih City Pep Guardiola. Menurut Giardiola, justru kekalahan memalukan itu memberi motivasi lebih menebus luka jelang laga kontra Liverpool di leg kedua perempat final Liga Champions di Etihad Stadium, Rabu (10/4).

Menyandang predikat sebagai pemuncak klasemen sementara sekaligus kandidat juara Liga Primer Inggris, diakui Guardiola memang menjadi beban tersendiri. Terlebih harus dipermalukan 0-3 oleh Liverpool di leg pertama. Padahal timnya sudah datang dengan kepercayaan diri tinggi kala itu.

"Sulit bagi suasana hati kami tidak menang (dari Liverpool) dan ya itu bisa terjadi. Tapi mungkin kami akan meningkatkan permainan untuk masa depan, menyadari bahwa kadang-kadang apa yang telah Anda lakukan untuk memenangkan pertandingan, itu tidak cukup," ujar Guardiola, dilansir ESPN, Senin (9/4).

Tetapi, Guardiola menegaskan dengan sejumlah pemain yang diistirahatkan saat derbi Manchester, menunjukkan City sangat serius tidak ingin tersingkir dari Liga Champions.

City telah kebobolan enam gol dalam dua pertandingan terakhir, diberondong tiga gol dalam 19 menit di Anfield, kemudian dibobol United tiga gol dalam 16 menit pada derbi Manchester.

Berondongan gol dalam waktu singkat itu telah membebani Guardiola. Apalagi Guardiola dibayangi masa lalu saat menukangi Bayern Muenchen. Pada 2014, Real Madrid mencetak tiga gol dalam 18 menit di semifinal Liga Champions 2014 ke gawang Muenchen. Setelah itu, klub Bavarians kalah 0-3 dari Barcelona pada musim berikutnya, setelah pertandingan berakhir tanpa gol dalam 77 menit.

"Saya berpikir berkali-kali tentang itu. Saya telah menjatuhkan banyak pertandingan Liga Champions dalam waktu 10 atau 15 menit," kata Guardiola.

Bomber City, Sergio Aguero yang kembali dari cedera lutut bisa ikut mengatasi Liverpool. Kevin De Bruyne dan Kyle Walker juga akan kembali ke starting XI.

Guardiola masih harus melihat apakah sang kapten Vincent Kompany dapat memulai tiga pertandingan dalam waktu sepekan. Jila tidak, ada John Stones yang disiapkan sebagai pengganti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement