Rabu 11 Apr 2018 02:51 WIB

City Ungguli Liverpool 1-0 pada Babak Pertama

Gabriel Jesus mencetak gol pada menit kedua.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Yudha Manggala P Putra
Gabriel Jesus.
Foto: Reuters
Gabriel Jesus.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester City menguasai jalannya babak pertama laga leg kedua fase perempat final Liga Champions, di Etihad Stadium, Rabu (11/4) dini hari WIB. Tim besutan Pep Guardiola itu tercatat berhasil mengemas penguasaan bola sebesar 70 persen dengan keunggulan satu gol.

Laga baru berjalan dua menit, City sudah unggul lewat torehan Gabriel Jesus. Penyerang asal Brasil itu mampu memanfaatkan umpan dari Raheem Sterling.

Berawal dari keberhasilan Sterling merebut bola dari salah satu pemain Liverpool. Setelah melakukan umpan satu dua dengan Fernandinho, Sterling melakukan dribling sebelah kiri pertahanan Liverpool dan kemudian melepaskan umpan ke jantung pertahanan The Reds. Tanpa kesulitan, Jesus pun mengarahkan bola ke arah gawang, tanpa bisa dihalau oleh kiper Liverpool, Loris Karius.

Tidak berhenti sampai di situ, City terus mengepung pertahanan Liverpool. Sejumlah peluang mampu diciptakan oleh para pemain The Citizen. Salah satunya tendangan dari Bernardo Silva pada menit ke-40. Sayangnya, tendangan Silva masih membentur tiang gawang The Reds.

Pada menit ke-43, City sebenarnya mampu merobek gawang Liverpool. Berawal dari kesalahan Karius, bola mengarah ke arah gawang The Reds dan mampu ditendang oleh Sane. Namun, wasit tidak mengesahkan gol tersebut lantaran Leroy Sane telah berdiri dalam posisi offside.

Sepanjang babak pertama, City tampil dominan dengan melepaskan 14 kali tendangan ke arah gawang Liverpool, dua di antaranya mengarah langsung ke gawang. Sementara Liverpool, yang terus mendapatkan tekanan dari City, terpaksa tampil bertahan dan hanya meluncurkan dua kali tendangan ke gawang City.

Menghadapi Liverpool, The Citizen mencadangkan penyerang asal Argentina, Sergio Aguero, yang sempat mengalami cedera. Berkaca dari susunan line-up pada Derby Manchester, akhir pekan lalu, pelatih City, Pep Guardiola, setidaknya melakukan empat perubahan. Kyle Walker dipercaya sebagai bek sayap. Sementara Kevin De Bruyne menemani Fernandinho di jantung lini tengah City. Selain itu, Guardiola juga menurunkan Gabriel Jesus sebagai penyerang tunggal di lini serang The Citizen.

Sementara pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, kembali menurunkan Mohammed Salah, setelah sempat absen di Derby Merseyside, akhir pekan lalu. Tidak hanya itu, nama Roberto Firmino, Alexander-Arnold, Alex Oxlade Chamberlain, dan Roberto Firmino juga mengisi starting line up The Reds.

Susunan Pemain:

Manchester City (3-2-4-1)

Pelatih: Pep Guardiola

Kiper: Ederson Moraes

Belakang: K. Walker, N. Otamendi, A. Laporte

Tengah: Fernandinho, K. De Bruyne; R. Sterling, Bernardo Silva, David Silva, L. Sane

Depan: Gabriel Jesus

Liverpool (4-3-3)

Pelatih: Jurgen Klopp

Kiper: L. Karius

Belakang: T. Alexander-Arnold, D. Lovren, V. van Dijk, A. Robertson

Tengah: A. Oxlade-Chamberlain, G. Wijnaldum, J. Milner

Depan: Mohamed Salah, Roberto Firmino, S. Mane

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement