Rabu 11 Apr 2018 12:05 WIB

Pelatih Barca: Kami Kalah oleh Pressing dan Bola Panjang

AS Roma sukses menampilkan kontra strategi yang sangat baik.

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Endro Yuwanto
 AS Roma  berhasil mengalahkan Barcelona 3-0 pada leg kedua babak delapan besar Liga Champions Eropa di Stadion Olimpico, Rabu (11/4) dini hari WIB.
Foto: AP/Andrew Medichini
AS Roma berhasil mengalahkan Barcelona 3-0 pada leg kedua babak delapan besar Liga Champions Eropa di Stadion Olimpico, Rabu (11/4) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Juru taktik Barcelona Ernesto Valverde memuji permainan AS Roma yang sanggup mengalahkan timnya 3-0 di Stadion Olympico, Rabu (11/4) dini hari WIB. Kekalahan di kandang Roma tersebut membuat Barca tersingkir di babak perempat final Liga Champions dengan agregat 4-4, kalah agresivitas gol tandang.

Menurut Valverde, tim besutan Francesco Di Eusebio itu sukses menampilkan kontra strategi yang sangat baik. Ia mengatakan, pola permainan Barca yang menerapkan operan cepat dari kaki ke kaki mampu dijinakkan oleh Roma lewat pressing dan perpindahan bola lambung jarak jauh.

"Lawan lebih kuat dari kami sejak awal sampai akhir. Mereka fokus pada pressing saat bertahan dan mengirimkan bola-bola panjang saat menyerang. Rencana kami tak berjalan dengan baik," kata Valverde dikutip dari laman resmi UEFA, Rabu.

Pelatih berkebangsaan Spanyol ini mengatakan, pressing ketat yang diperagakan Radja Nainggolan dan kawan-kawan membuat Barca sulit mengembangkan permainan. Demikian juga ketika sedang bertahan.

Menurut Valverde, para pemainnya sulit mengimbangi cepatnya aliran bola di udara saat Roma menggempur pertahanan timnya. Ketika mendapatkan bola, Roma selalu berhasil membuangnya ke depan untuk kemudian disambar oleh rekan-rekan di dalam kotak penalti. "Ini benar-benar bukan hari kami. Faktanya adalah mereka sangat hebat, sedangkan kami tidak," kata dia.

Mantan pelatih Athletic Bilbao ini menambahkan, kekalahan tersebut sangatlah menyakitkan. Hal ini karena Barca sempat memenangkan leg pertama dengan skor sangat meyakinkan, 4-1. "Kekalahan yang pedih. Kami punya hasrat untuk lolos. Tinggal satu pertandingan, tapi semua berakhir seperti ini," kata Valverde.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement