Ahad 22 Apr 2018 20:21 WIB

NTB Siap Jadi Tuan Rumah PON 2024 Bersama Bali

Menurut TGB, NTB dan Bali memiliki daya tarik yang besar dari sisi pariwisata.

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Israr Itah
Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB).
Foto: Muhammad Nursyamsyi/REPUBLIKA
Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB).

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Zainul Majdi atau akrab dikenal Tuan Guru Bajang (TGB) mendukung penuh daerahnya dan Bali menjadi tuan rumah bersama Pekan Olahraga Nasional XXI/2024.

Ketua Organisasi Ikatan Alumni Al Azhar Cabang Indonesia itu berharap NTB dapat menjadi tuan rumah ajang PON2024 bersama Bali. TGB mengatakan, NTB dan Bali memiliki keunggulan dibanding daerah lain yang juga ingin menjadi tuan rumah PON. Menurut TGB, NTB dan Bali memiliki daya tarik yang besar dari sisi pariwisata.

"Secara objektif, kondisi kita lebih menarik. Bali dan Lombok sangat populer. Orang akan merasa nyaman karena kita punya keuntungan citra yang bagus," ujar TGB.

TGB melanjutkan, dari sisi akses dan kesiapan, NTB dan Bali juga sudah cukup bagus, dengan fasilitas olahraga yang lebih komprehensif. "Jika tidak ada di Bali, ada di Lombok," lanjut TGB

Untuk itu, kata TGB, NTB menyiapkan sarana dan prasarana pendukung. Beberapa infrastruktur olahraga telah dimiliki NTB nantinya akan direnovasi untuk memenuhi standar nasional. Sedangkan, sebagian lagi akan dibangun untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur pendukung sebagai tuan rumah.

Selain itu juga, lanjut TGB, NTB dan Bali akan menyiapkan fasilitas penyeberangan Bali-Lombok berupa kapal cepat gratis untuk para atlet dan pelatih. Pun dengan sisi akomodasi, di mana sekitar 20 ribu kamar-kamar hotel juga sudah disiapkan oleh tuan rumah. TGB menambahkan, semua Bupati dan Wali Kota se-NTB juga siap mendukung penyelenggaraan PON.

"Oleh karena harus disiapkan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan keinginan ini bisa terwujud karena ini akan jadi kebanggaan kita semua," ucap TGB.

TGB berharap, segala proses yang ditempuh untuk persiapan PON 2024 mendatang dapat berjalan lancar.

"Anak-anak betul-betul diperhatikan. Aspek kebersihan, sisi higienis lingkungan, dan penerangan. Aspek kenyamanan para atlet harus ditingkatkan, sebab itu semua adalah aset NTB," tambah TGB.

TGB telah memerintahkan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) NTB untuk terus menjalin komunikasi dengan sejumlah pihak sehingga NTB dan Bali dapat menjadi tuan rumah PON 2024.

"Kita tunggu hasil bidding yang dilaksanakan 24 April," ungkap TGB.

Menurut TGB, jika NTB dan Bali menjadi tuan rumah PON 2024, akan berdampak pada peningkatan ekonomi, infrastruktur dan fasilitas olahraga. Ini juga akan berdampak pada ekonomi masyarakat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement