Rabu 25 Apr 2018 01:25 WIB

Spaso Nyaman Jadi Target Man di Timnas

Menurut Spaso, peran sebagai target man yang dibebankan oleh Luis Milla cocok baginya

llija Spasojevic.
Foto: Iman Firmansyah
llija Spasojevic.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ilija 'Spaso' Spasojevic merasa nyaman dengan strategi yang diterapkan oleh pelatih timnas Indonesia Luis Milla Aspas. Menurut Spaso, peran sebagai target man yang dibebankan oleh Milla cocok bagi dia yang senang beroperasi di sekitar kotak penalti lawan.

"Apalagi timnas memiliki para pemain sayap yang memudahkan tugas saya," ujar penyerang Indonesia berdarah Montenegro, di Jakarta, Selasa (24/4).

Dia melanjutkan, kondisi ini tidak ditemukannya di Bali United, klubnya saat ini.  Bali, kata Spaso, tidak bermain dengan sayap seperti di timnas. Itulah yang membuat dia membutuhkan adaptasi yang lebih lama. 

Spaso baru mencetak satu gol bagi Bali United dari lima laga Liga 1 2018 yang sudah dilewati. "Sistem di Bali United berbeda," tutur Spaso.

Milla gemar menggunakan jasa pemain sayap cepat seperti Febri Hariyadi, Saddil Ramdani, dan Yabbes Roni untuk menjalankan formasi 4-2-3-1 miliknya. Demi memfasilitasi kualitas di sektor sayap, Milla pun membutuhkan sosok penyerang tengah sebagai target man yang bertugas menjaga bola sebelum mengumpankannya kembali atau menuntaskannya menjadi gol.

Saat ini, Spaso tengah mempersiapkan diri menuju turnamen internasional PSSI Anniversary Cup 2018. Dia bersama dua pemain senior lain, yaitu Lerby Eliandry dan Andritany Ardhiyasa masuk ke dalam daftar 24 pemain timnas U-23 yang disiapkan untuk bertarung dengan tiga negara lain.

Turnamen Anniversary Cup digelar untuk memperingati ulang tahun PSSI ke-88, diikuti oleh Indonesia, Uzbekistan, Bahrain, dan Korea Utara. Selain itu, kompetisi ini ditujukan sebagai turnamen uji coba menjelang Asian Games 2018 di mana Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah.

Sistem turnamen yang berlangsung pada 27 April-3 Mei 2018 ini setengah kompetisi atau round robin. Juaranya merupakan tim dengan catatan poin tertinggi. Seluruh pertandingan Anniversary Cup 2018 akan digelar di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement