Rabu 25 Apr 2018 21:36 WIB

Bali United Gagal Ikuti Jejak Persija di Piala AFC 2018

Di pertandingan terakhir, Bali United kandas 1-3 dari Global Cebu

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Hazliansyah
Pesepak bola Bali United Yandi Sofyan (kedua kiri) berebut bola melewati pesepak bola Global Cebu Filipina Wesley Dos Santos (kanan) dalam pertandingan Grup G Piala AFC 2018 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (25/4).
Foto: Antara/Nyoman Budhiana
Pesepak bola Bali United Yandi Sofyan (kedua kiri) berebut bola melewati pesepak bola Global Cebu Filipina Wesley Dos Santos (kanan) dalam pertandingan Grup G Piala AFC 2018 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (25/4).

REPUBLIKA.CO.ID, GIANYAR -- Bali United gagal lolos dari babak penyisihan grup Piala AFC 2018. Di pertandingan terakhir penyisihan grup G, Bali United yang menjamu wakil Filipina, Global Cebu, takluk dengan skor 1-3, Rabu (25/4) di Stadion Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Kekalahan tersebut memastikan Bali United tak lolos penyisihan. Hasil negatif itu sekaligus membenamkan skuat Serdadu Tridatu di dasar klasemen Grup G. Skuat asuhan pelatih Widodo Cahyono Putro itu cuma mengemas lima angka dari enam pertandingan.

Tercatat Bali kandas tiga kali, dan imbang dua kali. Irfan Bachdim dan kawan-kawan cuma menang satu kali yaitu kala menjamu tim dari Vietnam, Than Hoa pada pertandingan ketiga, saat Maret lalu.

Kegagalan menembus babak knock out Piala AFC tahun ini menjadi prestasi buruk kedua bagi kesebelasan dari Pulau Dewata itu di awal musim 2018. Sebelumnya Bali United gagal di final meraih gelar Piala Presiden 2018.

Saat menjamu Global Cebu, Rabu (25/4), Bali sudah kandas sejak babak pertama. Tim tamu unggul cepat pada menit kedua lewat gol striker Rofu. Bali tak mampu membalasnya dan kembali kebobolan pada menit ke-33 lewat pemain gelandang Paul Mulders. Skor 0-2 menutup babak pertama.

Pada menit ke-46, kembali Rufo memecundangi kiper Dicky Indrayana dan membuat skor menjadi lebar 0-3. Para penggawa Serdadu Tridatu baru mampu memperkecil kedudukan menjadi 1-3 pada menit ke-71 lewat gol Nick van der Valden. Gol hiburan itu menjadi skor terakhir. Sampai tutup laga skor 1-3 mengantarkan Global Cebu sebagai peringkat kedua klasemen Grup G dengan nilai delapan angka.

Sementara bagi Global Cebu, kemenangan ini menjadi hasil baik bagi skuat asuhan Marjo Allardo. Sebab pada perjumpaan kedua tim pada leg pertama, Bali mampu menahan imbang 1-1.

Meski menempati peringkat kedua grup, Global Cebu juga tidak lolos penyisihan. Sebab penyisihan di zona Asia Tenggara hanya menempatkan satu runner up terbaik yang lolos ke fase knock out.

Runner terbaik diraih Song Lam Nghe An dari Grup H yang punya modal 10 angka di klasemen final penyisihan.

Satu-satunya wakil Indonesia yang lolos ke fase knock out, yaitu Persija Jakarta yang berhasil menjadi juara Grup H dengan nilai klasemen final 13 angka.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement