Jumat 27 Apr 2018 17:36 WIB

LIB: Laga Persija Vs Persib Ditunda Sampai 30 Juni

Usulan agar laga klasik itu digelar pada 3 Mei tak bisa dipenuhi.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Endro Yuwanto
Persib Vs Persija
Foto: REPUBLIKA/Israr Itah
Persib Vs Persija

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Operator kompetisi Liga 1 2018, PT Liga Indonesia Baru (LIB), merestui penundaan laga antara Persija Jakarta dan Persib Bandung. LIB memutuskan laga pekan keenam antara kedua kesebelasan akan digelar pada 30 Juni 2018 mendatang.

"Kami sudah berkordinasi dengan semua pihak. Termasuk keamanan dan pada tanggal tersebut (30 Juni) yang paling memungkinkan," ujar Subdirektur LIB Tigor Shalom Boboy dalam siaran pers yang diterima wartawan pada Jumat (27/4).

Laga antara Persija dan Persib seharusnya terjadwal pada Sabtu (28/4). Laga kedua kesebelasan akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Namun, pada Selasa (24/4), Polda Metro Jaya tak memberikan izin keramaian. Sebaliknya, kepolisian Ibu Kota itu malah meminta panitia lokal menggeser hari tanding tersebut setelah 1 Mei.

Polda Metro Jaya beralasan laga Macan Kemayoran kontra Maung Bandung berpotensi rusuh. Polda Metro Jaya tak siap mengantisipasi konsentrasi para suporter kedua kesebelasan di Jakarta sebab laga kedua kesebelasan tersebut mendekati aksi Hari Buruh Internasional.

Penolakan pemberian izin dari Polda Metro Jaya tersebut membuat jadwal pertandingan Liga 1 terganggu. Persija setuju dengan penundaan tersebut. Namun, Persib menganggap penundaan itu bagian dari aksi tuan rumah yang tak siap menghadapi kesebelasan tamu.

Alhasil, sempat ada usulan dari Persija agar laga kedua kesebelasan digelar pada 3 Mei. Akan tetapi, manajemen Persib tak bisa memenuhi kareba pada 4 Mei skuat asuhan pelatih Mario Gomez tersebut bakal tandang ke markas Madura United melakoni pekan ketujuh.  

Tigor menerangkan, dengan membulatkan 30 Juni sebagai hari tanding Persija dan Persib, itu artinya usulan agar laga digelar pada 3 Mei tak bisa dipenuhi. Tigor mengatakan, penundaan sampai 30 Juni hasil dari koordinasi dengan banyak pihak.

Menurut Tigor, LIB tak cuma berkomunikasi dengan manajemen klub, Persija, dan Persib. Pembulatan 30 Juni tersebut, lanjut dia, juga hasil dari komunikasi operator bersama banyak klub yang terdampak dengan penundaan pekan keenam antara Persija dan Persib.

Akan tetapi, meski LIB sudah menetapkan 30 Juni sebagai perjumpaan antara Persija dan Persib, LIB belum memutuskan lokasi laga kedua kesebelasan. Sebab, Stadion Utama GBK mulai akhir pekan pertama Mei nanti sudah dipastikan tak lagi bisa digunakan untuk kegiatan selain Asian Games 2018.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement