Jumat 27 Apr 2018 21:10 WIB

Tontowi/Liliyana ke Semifinal Kejuaraan Bulu Tangkis Asia

Tontowi/Liliyana mengatasi perlawanan He Jiting/Du Yue (Cina).

Tontowi Ahmad (kanan) dan Liliyana Natsir.
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Tontowi Ahmad (kanan) dan Liliyana Natsir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir harus menjalani laga tiga gim untuk melangkah ke putaran semifinal Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (Badminton Asia Championship/BAC) 2018 kategori perorangan. Tontowi/Liliyana mengatasi perlawanan He Jiting/Du Yue (Cina) dengan skor 21-11, 9-21, dan 21-10 di Wuhan Sports Center, Wuhan, Cina, Jumat (27/4).

Tontowi/Liliyana langsung tancap gas dengan memimpin 12-3 usai kedudukan imbang 3-3 pada awal laga.

He/Du berusaha mengejar, namun mereka hanya bisa memperkecil kedudukan dari tertingal 8-20 menjadi 11-20. Pasangan andalan Indonesia tersebut menyudahi gim pembuka ini dengan kemenangan.

Hasil positif pada gim permulaan ternyata tidak membuat jalan Tontowi/Liliyana mudah pada gim kedua. Setelah imbang 1-1 pada awal laga, poin pasangan peraih emas Olimpiade 2016 Rio de Janeiro tersebut secara perlahan tertinggal dari He/Du.

Alih-alih bisa membalikkan keadaan atau mengejar ketertinggalan, justru unggulan teratas ini kembali tertinggal dari kedudukan 6-10, saat duet Cina mampu mencetak tujuh poin beruntun. Pasangan tuan rumah memimpin 17-6.

Walau jelang akhir gim kedua ini, Tontowi/Liliyana berhasil mencetak beberapa angka, namun mereka tak bisa menghentikan He/Du memperoleh hasil positif sekaligus memaksakan dilangsungkannya gim pamungkas dalam pertarungan ini.

Kekalahan di gim kedua, membuat Tontowi/Liliyana tampil lebih fokus. Setelah imbang 2-2, duet Indonesia langsung meninggalkan He/Du setelag mencetak empat poin beruntun menjadikan kedudukan 6-2. Tontowi/Liliyana kemudian melejit dengan keunggulan 15-4.

Beberapa kali He/Du mencetak angka untuk memperkecil ketertinggalan. Namun, itu tak cukup menghalangi Tontowi/Liliyana memperoleh kemenangan dan memastikan satu tiket empat besar jadi milik duet Indonesia.

Pada semifinal Kejuaraan Asia 2018, Tontowi/Liliyana akan menerima tantangan dari duet unggulan lima asal Cina, Zheng Siwei/Huang Yaqiong. Mereka melaju ke empat besar usai menaklukkan pasangan Hong Kong unggulan tiga, Tang Chun Man/Tse Ying Suet, 21-8, 21-7.

Pertemuan pada empat besar ini menjadi yang kedua bagi kedua pasangan pada 2018 ini. Pada pertemuan terakhir di Indonesia Masters 2018, Tontowi/Liliyana menyerah dua gim langsung 14-21 dan 11-21. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement