Jumat 27 Apr 2018 22:24 WIB

Trump Ancam Pihak yang tak Dukung AS Tuan Rumah Piala Dunia

Maroko juga mengajukan penawaran sebagai tuan rumah Piala Dunia 2026.

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Israr Itah
Presiden AS Donald Trump.
Foto: AP
Presiden AS Donald Trump.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengancam negara-negara yang tidak mendukung AS, Mesiko, dan Kanada sebagai tuan rumah Piala Dunia 2026. Selain AS, Mesiko dan Kanada yang tergabung dalam wakil Concacaf, Maroko juga mengajukan penawaran sebagai tuan rumah Piala Dunia 2026.

"Amerika Serikat bersama-sama Kanada dan Mesiko mengajukan penawaran kuat untuk tuan rumah Piala Dunia 2016. Sayang sekali jika negara-negara yang selalu kami dukung melakukan lobi untuk melawan Amerika Serikat. Mengapa kami harus mendukung negara-negara tersebut jika mereka tidak mendukung kami," tulis Trump di akun media sosial Twitter-nya, Jumat (27/4).

FIFA akan menggelar kongres pada 13 Juni mendatang di Moskow. Kongres tersebut bertujuan untuk menentukan tuan rumah Piala Dunia pada tahun 2026. Semua dewan FIFA akan hadir pada kongres tersebut.

Perkataan Trump di media sosial mengejutkan banyak pihak. Sebab, sebelumnya pengusaha properti tersebut tidak pernah menunjukan ketertarikannya pada sepak bola.

Pada pekan lalu, Trump bertemu dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron. Kemungkinan besar ada pembahasan tentang penawaran Amerika sebagai tuan rumah Piala Dunia. Tapi Ketua Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) Noel Le Graet sudah menegaskan akan memberi dukungan kepada Maroko.

Amerika, Mesiko dan Kanada sudah memutuskan mengikuti penawaran tuan rumah Piala Dunia 2026 sejak April 2017 lalu. Terakhir kali AS menjadi tuan rumah Piala Dunia pada 1994. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement