Sabtu 28 Apr 2018 04:20 WIB

Trump Mengancam jika AS tidak Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Trump ancam negara pemilik suara untuk pilih AS sebagai tuan rumah Piala Dunia 2026.

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Didi Purwadi
Presiden AS Donald Trump.
Foto: AP Photo/Evan Vucci
Presiden AS Donald Trump.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, menilai negaranya layak terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 2016. Trump pun mengancam apabila AS tidak sampai terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia.

Sosok yang kerap menuai kontroversi sejak memimpin AS tahun lalu ini melemparkan pernyataan bernada ancaman untuk meminta dukungan kepada negara lain. Dalam cuitan di akun resmi twitter @realdonaldtrump, Trump menyebut negara-negara di dunia seharusnya memberikan suara kepada AS.

"Akan sangat memalukan jika negara yang sering menikmati bantuan dari kami, malah melawan Amerika dalam pemilihan tuan rumah Piala Dunia nanti," kata Trump, dikutip Jumat (27/4).

Trump menyasar ancamannya pada negara-negara penerima bantuan dari AS. Pemilik jaringan bisnis properti mewah di berbagai negara ini secara tak langsung mengancam negara-negara pemilik suara untuk memilih negaranya sebagai tuan rumah Piala Dunia 2026.

Jika tidak memilih AS, negara-negara tersebut dipastikan akan menanggung akibatnya. "Untuk apa kami membantu lagi negara-negara yang tak memberikan dukungannya kepada kami?," kata Trump.

AS bergabung dengan Kanada dan Meksiko untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026. Lawan Amerika Cs adalah Maroko. Rencananya, hasil pemilihan akan diumumkan pada 13 Juni mendatang di ibu kota Rusia, Moskow.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement