Sabtu 28 Apr 2018 23:14 WIB

Vettel Start Terdepan di GP Azerbaijan Besok

Vettel mencetak hattrick start terdepan pada musim balap F1 tahun ini.

Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel pada babak kualifikasi GP Azerbaijan di Sirkuit Baku, Sabtu (28/4).
Foto: EPA/Valdrin Xhemaj
Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel pada babak kualifikasi GP Azerbaijan di Sirkuit Baku, Sabtu (28/4).

REPUBLIKA.CO.ID, BAKU -- Pemuncak klasemen kejuaraan Formula 1 yang membela Ferrari, Sebastian Vettel melengkapi hattrick start terdepan pada musim balap tahun ini. Pada babak kualifikasi GP Azerbaijan yang digelar di Sirkuit Baku, Sabtu (28/4), Vettel menjadi yang tercepat.

Pembalap Jerman itu, untuk sementara yang unggul sembilan poin atas sang juara bertahan yang membela Mercedes, Lewis Hamilton. Vettel pun berharap dapat mengonversi pole position ketiganya secara beruntun menjadi kemenangan ketiga dari empat balapan pada Ahad (29/4).

Vettel unggul dengan nyaman atas Hamilton, mencatatkan waktu tercepat 1 menit 41,498 detik dibandingkan catatan 1 emnit 41,677 detik milik Hamiton. Pembalap Finlandia, Valtteri Bottas menduduki urutan tercepat urutan ketiga untuk Mercedes, sedangkan pebalap Australia Daniel Ricciardo, pemenang di Baku tahun lalu dan di China dua pekan silam, menduduki urutan keempat untuk Red Bull pada sore yang mendung dan berangin kencang.

"Ini akan menjadi balapan yang sengit. Apa pun dapat terjadi di sini dan demikian pula kemungkinan masuknyanya safety car," kata Vettel, yang kesulitan untuk menembus sepuluh besar catatan waktu pada Jumat, namun memimpin pada sesi terakhir Sabtu.

"Poin bagusnya adalah bahwa mobil kami benar-benar bagus sore ini maka ini semestinya menjadi tempat yang bagus besok," tambah juara dunia empat kali ini.

Hamilton, yang juga merupakan juara dunia empat kali namun belum memenangi satu balapan pun pada musim ini, mengatakan ia kehilangan waktu krusial pada sektor terakhir babak kualifikasi. Menghuni urutan kedua di grid masih merupakan posisi terbaiknya sejak menghuni posisi start terdepan pada balapan pembukaan musim di Australia, di mana Ferrari menyapu bersih pada dua balapan terakhir.

"Merekalah yang tercepat sepanjang akhir pekan dan mereka nyata-nyata memiliki mobil fenomenal pada tahun ini. Namun saya benar-benar senang dengan apa yang tim lakukan untuk kami dari di mana kami berada pada kemarin sampai hari ini," kata Hamilton.

Pembalap 20 tahun yang membela Red Bull Max Verstappen akan start dari posisi kelima bersama pebalap Ferrari, Kimi Raikkonen. Raikkonen sebenarnya memiliki kesempatan start dari baris depan, namun melakukan kesalahan pada lap terakhir.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement