Ahad 29 Apr 2018 18:24 WIB

Demi Kenyamanan Asian Games, BRG Lakukan Hal Ini

BRG berkontribusi mencegah kebakaran hutan sehingga memberi kenyamanan saat kegiatan.

Rep: Frederikus Dominggus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Logo Asian Games 2018
Logo Asian Games 2018

REPUBLIKA.CO.ID, BANJAR -- Pada Agustus 2018 Indonesia menjadi tuan rumah pesta olahraga antara negara-negara Asia (Asian Games) 2018. Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG) Nazir Foead mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan diri jelang event tersebut.

Artinya, BRG memiliki kontribusi mencegah kebakaran hutan sehingga memberi kenyamanan selama kegiatan berlangsung. "Kami memulihkan sekaligus meningkatkan daya tahan, ketahanan, dan kelembaban dari gambut supaya tidak mudah terbakar," kata Nazir saat ditemui di Jambore Masyarakat Gambut di Kiram Park, Karang Intan, Banjar, Kalimantan Selatan, Sabtu (28/4).

Nazir menerangkan, secara teknis, BRG memasang alat pengukur kelembaban gambut di 10 titik. Sejauh ini sekitar sembilan di antaranya berwarna hijau. Hal itu berarti kelembabannya di atas 80 persen. "Bahkan ada yang terbanjiri, Alhamdulillah, tapi ada satu titik yang kelembabannya sudah 50 persen, itu belum merah, tapi harus waspada," ujar dia.

Nazir melanjutkan, idealnya kelembaban suatu lahan gambut berada di kisaran 60 persen. Jika sudah ada yang di bawah takaran itu, BRG langsung melakukan komunikasi dengan pemerintah daerah terdampak, serta berbagai stakeholder lainnya. "Akan kami pantau terus. Kalau perlu diperbaiki, kami perbaiki," jelas dia.

Asian Games 2018 berlangsung pada 18 Agustus hingga 2 September. Jakarta dan Palembang terpilih menjadi kota penyelenggaraan multievent empat tahunan itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement