Ahad 29 Apr 2018 20:23 WIB

Jepang dan Cina Raih Hasil Berimbang di Kejuaraan Asia

Satu gelar juara tersisa di tunggal putri didapatkan wakil Taiwan Tai Tzu Ying.

Pemain tunggal putri dari Cina Taipei, Tai Tzu Ying.
Foto: bwfworldsuperseries.com
Pemain tunggal putri dari Cina Taipei, Tai Tzu Ying.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jepang dan Cina memperoleh hasil berimbang dalam Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (Badminton Asia Championships/BAC) 2018 kategori perorangan, yang dihelat di Wuhan, Cina, pada 24-29 April. Dua negara Asia Timur ini masing-masing memperoleh dua gelar dari lima nomor pertandingan.

Berdasarkan laman Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Ahad (29/4), gelar pertama Cina didapatkan dari ganda campuran melalui Wang Yilyu/Huang Dongping selepas menghentikan duet Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Bagi Tontowi/Liliyana, hasil di Wuhan ini merupakan kekalahan ketiga pasangan Indonesia itu dari empat kali pertemuannya dengan Wang/Huang.

Gelar kedua Negeri Tirai Bambu tersebut disumbang oleh pasangan ganda putra Li Junhui/Liu Yuchen yang berhasil menumbangkan duet Jepang Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dalam pertarungan tiga gim selama 53 menit. Dengan hasil ini, Li/Liu mengungguli Kamura/Sonoda dalam jumlah kemenangan dengan mencetak empat hasil positif berbanding tiga hasil minor.

Sementara, Jepang memperoleh gelar pertama lewat pemain tunggal putra Kento Momota yang berhasil menumbangkan wakil Cina unggulan tiga Chen Long dalam dua gim langsung selama satu jam. Dengan hasil kemenangan ini, Kento membalas sekali hasil empat kali kekalahannya dari peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 tersebut.

Pasangan ganda putri Yuki Fukushima/Sayaka Hirota menjadi penyumbang gelar kedua bagi Jepang, usai unggulan tiga tersebut memenangkan perang saudara melawan Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi di laga terlama dalam final Kejuaraan Asia perorangan ini.

Fukushima/Hirota berhasil memperoleh hasil positif atas Matsutomo/Takahashi usai bertarung tiga gim selama 81 menit yang sekaligus memperbaiki catatan apik mereka menjadi tiga kemenangan berbanding dua kekalahan kala berhadapan dengan kompatriotnya itu.

Satu gelar tersisa di tunggal putri didapatkan oleh wakil Taiwan (Cina Taipei) Tai Tzu Ying yang berhasil mengamankan gelar juara Asia dengan mengalahkan Chen Yufei (Cina) dalam pertarungan dua gim langsung selama 42 menit. Dengan hasil ini, Tzu Ying semakin dominan dalam catatan pertemuan menghadapi Chen dengan membukukan delapan kemenangan tanpa balas.

Hasil Lengkap Final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2018 (Juara Disebut Lebih Dulu):

1. Ganda Campuran

Wang Yilyu/Huang Dongping (CHN) vs Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (INA)

21-17, 21-17

2. Tunggal Putra

Kento Momota (JPN) vs Chen Long (CHN)

21-17, 21-13

3. Ganda Putra

Li Junhui/Liu Yuchen (CHN) vs Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (JPN)

11-21, 21-10, 21-13

4. Tunggal Putri

Tai Tzu Ying (TWN/TPE) vs Chen Yufei (CHN)

21-19, 22-20

5. Ganda Putri

Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (JPN) vs Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (JPN) 21-18, 18-21, 21-15.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement