Selasa 08 May 2018 21:11 WIB

Semifinal Piala AFC, Persija Kalah 2-3 dari Home United

Persija tidak turun dengan kekuatan penuh untuk menghadapi Home United.

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Endro Yuwanto
Riko Simanjuntak
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Riko Simanjuntak

REPUBLIKA.CO.ID, KALLANG -- Persija Jakarta kalah 2-3 dari tuan rumah Home United pada laga leg pertama semifinal Zona Asia Tenggara Piala AFC 2018, Selasa (8/5) malam WIB. Pada laga di markas Home United, Stadion Jalan Besar, Kallang, Singapura, itu, Persija tertinggal akibat gol bunuh diri Maman Abdurahman menit kedua dan gol dari Song Ui-young menit kedelapan.

Persija sempat mampu mengejar ketinggalan lewat Ramdani Lestaluhu pada menit ke-32 dan 49. Namun, Persija kembali tertinggal akibat gol yang dibuat pemain lawan, Hafiz Nor, pada menit ke-79.

Hasil ini membuat Persija wajib menang pada leg kedua yang dilaksanakan pada 15 Mei mendatang. Cukup dengan 1-0, Persija bisa melaju ke final Zona Asia Tenggara Piala AFC 2018.

Persija tidak turun dengan kekuatan penuh untuk menghadapi Home United. Tiga pemain inti di lini belakang, yakni kiper Andritany Ardhiyasa, bek tengah Jaimerson Xavier, dan bek kiri Rezaldi Hehanussa, absen karena cedera.

Dampaknya langsung terlihat. Persija mengawali laga dengan buruk. Pertandingan baru berusia delapan menit, Macan Kemayoran sudah dua kali kebobolan.

Gol pertama tuan rumah dihasilkan lewat bunuh diri bek Persija, Maman Abdurahman. Berawal dari bola yang dikirimkan lawan dari sayap kanan ke depan mulut gawang, Maman melompat untuk memotong laju si kulit bundar.

Malang, bola yang Maman tanduk malah melaju deras ke arah gawang sendiri. Kiper Persija Muhammad Rizky tak siap dengan datangnya bola sehingga harus pasrah melihat bola masuk ke gawangnya.

Persija mencoba bangkit, tetapi beberapa kali serangan tim ibu kota Indonesia ini sirna di tengah lapangan. Salah satu usaha membangun serangan malah berujung fatal.

Bek kanan Persija Ismed Sofyan yang mencoba memberikan operan di tengah tekanan pemain Home United malah memberikan bola ke lawan. Dengan cepat, tuan rumah langsung melakukan serangan balik.

Gelandang Home United Song Ui-young yang mendapatkan bola terus mendribel dan sukses melewati dua bek Persija termasuk Maman. Song kemudian tinggal berhadapan dengan Rizky di dalam kotak terlarang. Meski ditempel ketat Ismed yang datang menjaganya, Song dengan tenang bisa menceploskan bola dan membawa timnya unggul 2-0.

Persija mampu menipiskan ketinggalan menjadi 1-2 pada menit ke-32 lewat Ramdani Lestaluhu memanfaatkan sepakan pojok yang diambil Riko Simanjuntak. Ramdani sukses menyundul bola yang meski pelan, cukup untuk mengoyak jala gawang lawan.

Empat menit kemudian Persija nyaris menyamakan kedudukan. Riko mendapatkan peluang terbuka di depan gawang lawan. Namun, upayanya yang melepaskan tembakan voli jauh dari sasaran. Babak pertama selesai dengan skor 2-1 untuk tuan rumah.

Memasuki babak kedua, Persija mulai tampil mengendalikan laga. Hasilnya pun positif. Baru empat menit babak kedua dimulai, Ramdani kembali mencetak gol lewat proses sama dan membawa Persija menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Persija makin nyaman menjalani laga. Beberapa peluang mampu dihasilkan. Namun, juara Liga Indonesia 2001 ini harus kecolongan pada menit ke-79.

Pemain lawan Hafiz Nor bisa menjebol gawang Persija dengan mudah. Hafiz melepaskan tembakan jarak jauh yang tak terlalu kencang dan arahnya menuju tengah gawang Persija.

Rizky yang berdiri di bawah mistar gawang tampak akan menahan bola dengan kedua tangannya. Namun, kiper kedua Persija ini salah mengantisipasi sepakan Hafiz yang terlebih dahulu memantul ke tanah tepat di depan tubuhnya. Bola kemudian melewati Rizky dan masuk untuk mengubah skor menjadi 2-3 untuk tuan rumah.

Setelah gol tersebut, seluruh usaha Persija untuk mengejar ketinggalan selalu kandas. Home United pun menang 3-2.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement