Jumat 11 May 2018 08:11 WIB

Mourinho Komentari Keberhasilan De Gea Raih Golden Glove

Menurut Mourinho, penghargaan ini juga menjadi keberhasilan tim

David De Gea dengan bola Adidas Telstar 18
Foto: EPA-EFE/RONALD WITTEK
David De Gea dengan bola Adidas Telstar 18

REPUBLIKA.CO.ID, -- Pelatih Manchester United Jose Mourinho turut bangga dengan pencapaian yang diraih David de Gea. Kiper asal Spanyol tersebut meraih penghargaan "Golden Glove" atas prestasinya musim ini di Liga Primer Inggris bersama Manchester United.

De Gea berhasil mengamankan gawangnya dari kebobolan dalam 18 pertandingan di musim ini. Hasil tersebut didapat saat laga MU menghadapi West Ham di London Stadium, Jumat (115) WIB dinihari. Di pertandingan itu MU bermain imbang 0-0 dengan West Ham.

"Jika saya tidak salah, golden glove adalah terkait dengan clean sheets (tanpa kebobolan) dan itu juga terkait dengan tim. Tetapi tentu saja dia (De Gea) patut mendapatkannya," ujar Jose Mourinho dikutip dari Tribal Football, Jumat (11/5).

Daftar peraih Golden Glove sebelumnya diraih Joe Hart's yang berhasil mempertahankan gawang Manchester City dari kebobolan di 18 pertandingan pada musim 2012/2013.

Rekor sebelumnya dipegang Petr Cech bersama Chelsea yang mempertahankan gawang dari kebobolan dalam 24 pertandingan. Cech sendiri meraih penghargaan tersebut sebanyak empat kali, termasuk bersama Arsenal pada musim 2015/2016.

"Tentu saja kami sangat senang untuknya. Tetapi sekali lagi, itu juga prestasi tim," kata Mourinho.

Gelar Golden Glove ini adalah kali pertama bagi De Gea selama tujuh musim membela "Setan Merah". Raihan ini tentunya disambut baik sang pemain. Yang disebutnya sebagai salah satu prestasi terbesarnya bersama MU.

"Rasanya tentu senang. Ini adalah gelar Golden Glove pertama saya," ujar De Gea.

Ia mengatakan, penghargaan ini menunjukkan MU menjadi salah satu tim yang memiliki pertahanan terbaik di musim ini. Karena itu ia juga mempersembahkan gelar ini kepada rekan satu timnya.

"Gelar ini untuk semua orang. Untuk seluruh tim. Bukan hanya bagi saya seorang kiper," kata De Gea.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement