Sabtu 12 May 2018 21:23 WIB

Mobil McLaren F1 Ayrton Senna Laku Rp 68 Miliar

Mobil MP4/8A dikendarai Senna pada musim balap F1 1993.

Mobil McLaren F1 yang pernah dikendarai Ayrton Senna.
Foto: EPA/Giorgio Benvenuti
Mobil McLaren F1 yang pernah dikendarai Ayrton Senna.

REPUBLIKA.CO.ID, MONACO -- Sebuah mobil Formula Satu, McLaren 1993 yang dikendarai juara dunia asal Brazil, Ayrton Senna terjual seharga 4,19 juta euro (sekitar Rp 68,3 miliar) dalam lelang di Monaco. Juru lelang Bonhams tidak mengungkapkan siapa yang membeli mobil bertenaga MP4/8A Ford Cosworth dengan harga 4.197.500 euro itu.

Juru lelang hanya menyebutkan mobil itu terjual setelah adanya "pertukaran penawaran yang panjang dan bersemangat." Laporan media mengatakan mantan juara Formula Satu Bernie Ecclestone, yang berada di Monaco dan memiliki banyak koleksi mobil balap, telah membelinya. Tetapi, Bernie mengatakan kepada media, melalui telepon bahwa itu tidak benar.

McLaren adalah mobil Formula Satu yang membawa Senna ke puncak kariernya di F1. Mobil MP4/8A adalah mobil McLaren terakhir yang ditunggangi Senna sebelum dia hijrah ke Williams. Senna kemudian tewas pada balapan di Sirkuit Imola, San Marino pada 1994.

Bonhams mengatakan, mobil yang berfungsi penuh, dengan mesin V8 asli dan girboks, merupakan mobil F1 McLaren yang paling penting secara historis dan pernah disajikan di lelang. Mobil pertama Senna untuk balapan di Monaco, Toleman-Hart TG184 tahun 1984, juga dijual di lelang 'Les Grandes Marques a Monaco' seharga 1,6 juta euro.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement