Senin 14 May 2018 06:51 WIB

Kebahagiaan Klopp Lihat Rentetan Keberhasilan Salah

Salah menutup Liga Primer Inggris musim 2017/2018 dengan berbagai penghargaan

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Hazliansyah
Mohamed Salah memegang trofi Sepatu Emas.
Foto: Dave Thompson/PA via AP
Mohamed Salah memegang trofi Sepatu Emas.

REPUBLIKA.CO.ID, MERSEYSIDE -- Pelatih Liverpool Juergen Klopp memuji setinggi langit keberhasilan striker timnya, Mohamed Salah yang meraih banyak kesuksesan individu di Liga Primer Inggris musim ini. Salah menutup Liga Primer Inggris musim 2017/2018 dengan berbagai penghargaan.

Gelar pemain terbaik versi PFA, terbaik versi EPL, dan terbaru, Sepatu Emas berhasil digondol pemuda muslim asal Mesir ini. Gelar sepatu emas bahkan diraih dengan tinta rekor.

Jumlah 32 gol yang Salah bukukan untuk menjadi top skorer musim ini merupakan terbanyak sepanjang sejarah Liga Primer Inggris. Mengalahkan rekor Alan Shearer, Cristiano Ronaldo, dan mantan pemain Liverpool Luis Suarez yang dulu sama-sama pernah menorehkan 31 gol.

"Apa yang dilakukannya luar biasa. Saya senang Salah bisa mendapatkan Sepatu Emas. Sulit untuk bisa menjadi seperti Salah yang mampu selalu menjaga fokus," kata Klopp dikutip dari Liverpool Echo, Senin (14/5).

Pelatih berkebangsaan Jerman ini mengatakan, performa Salah secara keseluruhan musim ini memang layak diacungi jempol. Menurut Klopp, di era Liga Primer Inggris yang sulit seperti sekarang, sangatlah sulit untuk bisa mencetak gol dalam jumlah banyak.

"Saya katakan kepadanya untuk tidak menjadi striker tengah sehingga dia tak harus bergulat dengan lawan. Terbukti, dia mampu mengaplikasikannya dengan membuat banyak gol," kata Klopp.

Namun, mantan pelatih Borussia Dortmund ini menilai pemain kidal tersebut masih harus mengembangkan kemampuan. Menurut Klopp, usia Salah masih sangat panjang di dunia sepak bola.

Klopp pun menuntut adanya konsistensi dari Salah. Pelatih berusia 50 tahun ini menegaskan, potensi mantan pemain FC Basel itu masih sangat besar.

"Masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Sejauh ini saya salut dengan semangatnya yang selalu memosisikan diri sebagai penolong tim dengan mencetak gol," kata Klopp.

Klasemen Liga Inggris 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Manchester City Manchester City 6 4 2 0 14 8 14
2 Arsenal Arsenal 6 4 2 0 9 6 14
3 Liverpool Liverpool 5 4 0 1 10 9 12
4 Aston Villa Aston Villa 5 4 0 1 10 3 12
5 Chelsea Chelsea 6 3 2 1 12 6 11
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement