Senin 14 May 2018 11:24 WIB

Valverde Kesal Gagal Jaga Rekor tak Terkalahkan Barca

"Saya sangat marah," ujar Valverde.

Ernesto Valverde
Foto: AP Photo/Manu Fernandez
Ernesto Valverde

REPUBLIKA.CO.ID, -- Pelatih Barcelona Ernesto Valverde tidak bisa menyembunyikan kekecewaanya setelah Barcelona gagal menjaga rekor tak terkalahkan mereka musim ini. Barca tumbang 4-5 dari Levante pada pertandingan yang berlangsung pada Senin (14/5) WIB dinihari.

"Saya sangat marah karena kami tidak bsia menyelesaikan musim ini tanpa kekalahan," ujar Ernesto Valverde pada BeIN Sports, dikutip dari Football Espana.

Kendati demikian Valverde tidak mau larut dalam kekecewaan. Sebab dua trofi telah berhasil ia raih musim ini. Yakni Copa del Rey serta trofi La Liga.

"Pertandingan tadi sangatlah menarik, dengan finishing yang bagus dari lawan. Sejatinya kami bereaksi dengan baik, dengan bergerak maju, memperkecil ketertinggalan bahkan beberapa kali hampir menyamakan kedudukan," ujar Valverde.

Ia mengakui jika timnya lengah dalam serangan balik. Terutama 10 menit di babak kedua, dimana Levante berhasil mencetak tiga gol.

Pertandingan memang berjalan menarik. Di luar dugaan, dalam 30 menit awal, Levante unggul 2-0 lewat gol Emmanuel Boateng. Barca memperkecil ketertinggalan pada menit ke-38 melalui sepakan Phillipe Coutinho.

Skor 2-1 untuk Levante bertahan hingga turun minum. Baru satu menit babak kedua dimulai, tim asal kota Valencia menjauh.

Enis Bardhi membuat skor menjadi 3-1. Penderitaan Barca belum berhenti. Tiga menit kemudian, Boateng mencetak hattrick sekaligus mengubah kedudukan menjadi 4-1.

Pada menit ke-56, Bardhi kembali mencatatkan namanya di papan skor. Angka 5-1 untuk Levante. Di sisa waktu yang ada, raksasa Katalan memperkecil ketertinggalan melalui dua gol tambahan Coutinho pada menit ke-59, dan 64. Kemudian penalti Luis Suarez menit ke-71.

Dalam 20 menit terakhir, Barca terus mengurung pertahanan laskar Granotas. Kendati skor 5-4 untuk tim peringkat ke-15 itu tidak berubah. Ini kekalahan pertama Barca setelah menjalani 37 journada sepanjang musim 2017/2018.

"Lawan kami tadi adalah tim terbaik di liga melalui intensitas dan akurasi mereka di depan gawang," ujar Valverde. 

photo
Bek Barcelona FC Barcelona Gerard Pique pada laga melawan Levante di Stadion Ciudad de Valencia, Senin (14/5) dini hari WIB.

Levante disebut Valverde bermain tanpa beban. Hal itu pula yang membuat Levante terlihat begitu lepas bermain.

"Anda harus mengakui apa yang telah mereka capai. Meskipun terlihat aneh, bahwa kami seperti memberikan gol ke mereka dan membiarkan bagaimana musim ini berlalu," ujar Valverde. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement